PENGEMBANGAN MODUL TERMOKIMIA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERPADU PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN LOGIKA SISWA

Teguh Wibowo

Abstract


Abstrak

Beredarnya bahan ajar kimia yang kurang mampu memberikan makna dalam
proses pembelajaran, mengakibatkan siswa semakin jenuh dan bosan mempelajari
materi yang ada di dalam bahan ajar. Sementara itu pembelajaran sekarang
menitikberatkan pada kegiatan siswa, sedangkan guru diposisikan sebagai
fasilitator. Pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan keikutsertaan dan
menimbulkan rasa keingintahuan dalam belajar, memperbaiki pengertian dan pola
pikir, serta membantu siswa untuk mengembangkan logika. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul
kimia yang baik pada materi termokimia. Hasil penelitian pengembangan modul ini
menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan logika siswa pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai evaluasi termokimia
kelas eksperimen sebesar 73,08 dan kelas kontrol sebesar 64,56 dan dengan
signifikansi 0,000 (< 0,05). (2) Modul kimia berpendekatan Inkuiri yang
dikembangkan efektif untuk membantu penerapan nilai pendidikan karakter. Hal
ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sikap siswa di setiap pertemuannya
pada kelas eksperimen.
Kata kunci: Modul termokimia, inkuiri terpadu, karakter, logika

Abstract

Circulation of chemistry teaching materials that are less able to provide meaning in
the learning process, resulting in more saturated and bored students learn the
material that is in teaching materials. While the current study focused on the
activities of students, while the teacher is positioned as a facilitator. Learning is
expected to increase participation and generate curiosity in learning, improve
understanding and mindset, as well as helping students to develop logic. This research
is a development that aims to produce a good chemistry module on thermochemical
material .. The results show that the development of this module (1) There are
differences in the logic students in the experimental class and control class, as shown
by the average value of the evaluation of thermochemical class experiment at 73.08

and 64.56 for the control class and the significance of 0.000 (<0.05). (2) Module
Inquiry berpendekatan chemistry developed to help implement effective character
education values. This is indicated by an increase in students' attitudes at every
meeting in the experimental class.
Keywords: Thermochemical modules, integrated inquiry, character, logic


Full Text:

Download disini

References


Abdurrahman. 2007. Meaningful Learning Re-invensi Kebermaknaan

Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baldis & Sean R. 2004. “Character Education in the Classroom; A Personal

Approach”. English Leeadership Quarterly, ProQuest Education

Journals. 26 (4).

Bauer, K. 2010. Textbooks and Teaching Resources: A Case Study from the

Early Childhood Classroom. International Assosiation for Research of

Textbook and Educational Media (IARTEM e-journal). 3(2): 81-96.

Borg & Gall. 2003. Educational Research, An Introduction. New York:

Longman Inc.

Brist, A.H. 2012. The Effect Of A Contextual Approach To Chemistry

Instruction On Students’ Attitudes, Confidence, And Achievement In

Science. Proposal for Science Master. Master Programme di Montana

University

Conolly, M. 2012. Using Modules to Teach General Chemistry. University of

St.Thomas

Creswell, J. 2009. Research Desaign; Qualitative, Quantitative, and Mix

Methods Approaches. California: SAGA

Fajri, Z & Aprilia, R. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Dhifa

Publisher.

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Horsley,M., Knight, B., & Huntly, H. 2010. “The Role Of Textbooks And Other

Teaching And Learning Resources In Higher Education In

Australia:Change And Continuity In Supporting Learning”.

International Assosiation for Research of Textbook and Educational

Media (IARTEM e-journal). 3(2):43-61.

Indriyanti, N. Yunita & Susilowati, E. 2010. Pengembangan Modul.

Surakarta: Universitas Sebelas Maret..

Jacob, C. 1997. Kemampuan Penalaran Logis. Surabaya: SPS IKIP.

Kattsoff, L. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Niaz, M. 2005. “How to Facilitate Students Conceptual Understanding of

Chemistry?-a History and Philosophy of Science Perspective”.

Chemical Education International. 6 (1).

Prodjosantoso, A.K. 2008.Pembelajaran Kimia Secara Menarik dan

Menyenangkan Pendekatan Relevansi. Semarang: FMIPA UNNES.

Rustaman, N.Y. 2012. Pendidikan dan Penelitian Sains dalam

Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk

Membangun Karakter, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia..

Ryan, K & Bohlin, K. E. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to

Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Saptorini. 2008. “Peningkatan Keterampilan Generik Sains bagi Mahasiswa

Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Intrumen Berbasis

Inkuiri”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2(1): 190-198.

Solso. Robert L., Maclin Otto H. & Maclin Kimberly. 2009. Psikologi Kognitif.

Jakarta: Erlangga.

Sternberg, Robert J. 2006. Cognitive Psychology. USA: Thomson Wadworth

Sudarmin & Septianu, E. 2014. “Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema

Perubahan Zat Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan

Keterampilan Generik dan Hasil Belajar Siswa”. Unnes Science

Education Journal. 3 (3).

Sudjana. 2004. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitaif,

Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suharyadi, Permanasari,A., dan Hernani. 2013. “Pengembangan Buku Ajar

Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Asam dan Basa”. Jurnal

Riset dan Praktik Pendidikan Kimia.1(1): 60-68.

Suyanti, R. Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi

Aksara.

White, Eddy. 2009. “Student Perspectives of Peer Assessment for Learning

in a Public Speaking Course”. Asian EFL Journal. 1 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v3i3.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats