PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SKI PADA KELAS VIII DI MTS N KARANGAWEN DEMAK (Studi Eksperimen)
Abstract
Abstrak
Dalam proses pembelajaran, idealnya siswa dituntuk aktif dan berintelegensi tinggi namun tidak individualis, jadi para pendidik hendaknya menggunakan metode yang variatif. Namun dalam pembelajaran SKI pada madrasah-madrasah khususnya di daerah Karangawen masih menggunakan metode konvensional jadi terkesan monoton sehingga siswa kurang aktif dan cenderung tidak merata dalam sebaran hasil, sehingga terkesan individualis. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik dalam proses maupun hasil. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental sehingga memerlukan adanya dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, untuk mengetahui perbedaan kualitas pembelajaran anatara keduanya. Pre test dan post test pun dilakukan untuk mengukur keberhasilan dari kedua kelompok responden.beberapa hal yang harus dilakukan terkait prosedur penelitian pun dilakukan seperti uji validitas dan reliabilitas intrumen, serta uji normalitas dan homoginitas sebaran responden.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Jigsaw, Eksperimen.
Abstract
In learning process, students are expected to be active and have high intelligent but not individualistic, so educators should use various methods. However, in the study of SKI in madrasahs especially in Karangawen still using conventional methods and it so monoton and make students are less active and tend to uneven in distribution result, so impressed individualist. Therefore, it is necessary to conduct research on Cooperative Learning method of Jigsaw technique in learning SKI to improve the quality of learning both in process and outcome. This study is an experimental study that requires the existence of two experimental groups and control groups, to determine the difference between the quality of learning between the two. Pre test and post test were also conducted to measure the success of both groups of respondents. Some things to do related to the research procedure were performed such as validity and reliability test of intruments, as well as normality and homogeneity test of respondent's distribution.
Keyword: Cooperative Learning, Jigsaw, Eksperiments
Keywords
Full Text:
Download disiniReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek, Jakarta: PT Rieneka Cipta.
Dimyati, et.al, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Rieneka
Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:
Rieneka Cipta.
Hadi, Sutrisno, 2010. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset.
Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018
Hayati, Nur, “ Eksperimentasi metode cooperative learning teknik jigsaw
dalam pembelajaran qiro’ah di Madrasah Aliyah Negeri Gandekan
Bantul Yogyakarta.” skripsi, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2008.
Isjoni, Cooperative Learning, efektifitas pembelajaran kelompok,
Bandung: Alfa Beta, 2009.
Koentjaraningrat, 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT
Rieneka Cipta.
Kuntowijoyo, 2005. Pengantar ilmu sejarah, Bandung: PT Bentang
Pustaka.
Lie, Anita, 2008. Cooperative learning Mempraktekan Cooperative
Learnng di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: PT Grassindo.
Pokja Akademika UIN SUKA, 2010. Sejarah kebudayaan
Islam,Yogyakarta: UIN Press.
Silberman, Mel, 2010. Active Learning, Penerjemah: Sarjuli et.al,
Yogyakarta; Pustaka Insan Madani.
Sudijono, Anas, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
, 2009. Pengantar Statistik pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfa Beta.
, 2009. Model-model pembelajaran Inovatif, Surakarta: Panitia
Sertifikasi guru rayon 13 UNS Surakarta.
Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018
Suprijono, Agus, 2009. Cooperative Learning, Teori Dan Aplikasi
PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwardi, 2008. “ Eksperimentasi Role Play pada Pembelajaran
Muhadatsah di Madrasah dirosah Islamiyah Dan Arab (MADINA)
Mlati Sleman Yogyakarta”, skripsi, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta.
Syukur, Fatah, “Pengajaran Sejarah dan Problematikanya”,
www.Hitsuke.Blogspot.com dalam Google.com, 2010
DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v6i1.2208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
INDEXED BY :
Alamat kami di :
PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim
View My Stats