PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SKI PADA KELAS VIII DI MTS N KARANGAWEN DEMAK (Studi Eksperimen)

Laila Ngindana Zulfa

Abstract


Abstrak

Dalam proses pembelajaran, idealnya siswa dituntuk aktif dan berintelegensi tinggi namun tidak individualis, jadi para pendidik hendaknya menggunakan metode yang variatif. Namun dalam pembelajaran SKI pada madrasah-madrasah khususnya di daerah Karangawen masih menggunakan metode konvensional jadi terkesan monoton sehingga siswa kurang aktif dan cenderung tidak merata dalam sebaran hasil, sehingga terkesan individualis. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik dalam proses maupun hasil. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental sehingga memerlukan adanya dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, untuk mengetahui perbedaan kualitas pembelajaran anatara keduanya. Pre test dan post test pun dilakukan untuk mengukur keberhasilan dari kedua kelompok responden.beberapa hal yang harus dilakukan terkait prosedur penelitian pun dilakukan seperti uji validitas dan reliabilitas intrumen, serta uji normalitas dan homoginitas sebaran responden.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Jigsaw, Eksperimen.

 

Abstract

In learning process, students are expected to be active and have high intelligent but not individualistic, so educators should use various methods. However, in the study of SKI in madrasahs especially in Karangawen still using conventional methods and it so monoton and make students are less active and tend to uneven in distribution result, so impressed individualist. Therefore, it is necessary to conduct research on Cooperative Learning method of Jigsaw technique in learning SKI to improve the quality of learning both in process and outcome. This study is an experimental study that requires the existence of two experimental groups and control groups, to determine the difference between the quality of learning between the two. Pre test and post test were also conducted to measure the success of both groups of respondents. Some things to do related to the research procedure were performed such as validity and reliability test of intruments, as well as normality and homogeneity test of respondent's distribution.

Keyword: Cooperative Learning, Jigsaw, Eksperiments

 


Keywords


Kata Kunci: Cooperative Learning, Jigsaw, Eksperimen.

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek, Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Dimyati, et.al, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Rieneka

Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:

Rieneka Cipta.

Hadi, Sutrisno, 2010. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset.

Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018

Hayati, Nur, “ Eksperimentasi metode cooperative learning teknik jigsaw

dalam pembelajaran qiro’ah di Madrasah Aliyah Negeri Gandekan

Bantul Yogyakarta.” skripsi, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan

Kalijaga Yogyakarta, 2008.

Isjoni, Cooperative Learning, efektifitas pembelajaran kelompok,

Bandung: Alfa Beta, 2009.

Koentjaraningrat, 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT

Rieneka Cipta.

Kuntowijoyo, 2005. Pengantar ilmu sejarah, Bandung: PT Bentang

Pustaka.

Lie, Anita, 2008. Cooperative learning Mempraktekan Cooperative

Learnng di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: PT Grassindo.

Pokja Akademika UIN SUKA, 2010. Sejarah kebudayaan

Islam,Yogyakarta: UIN Press.

Silberman, Mel, 2010. Active Learning, Penerjemah: Sarjuli et.al,

Yogyakarta; Pustaka Insan Madani.

Sudijono, Anas, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

, 2009. Pengantar Statistik pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif

Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfa Beta.

, 2009. Model-model pembelajaran Inovatif, Surakarta: Panitia

Sertifikasi guru rayon 13 UNS Surakarta.

Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018

Suprijono, Agus, 2009. Cooperative Learning, Teori Dan Aplikasi

PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwardi, 2008. “ Eksperimentasi Role Play pada Pembelajaran

Muhadatsah di Madrasah dirosah Islamiyah Dan Arab (MADINA)

Mlati Sleman Yogyakarta”, skripsi, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan

Kalijaga Yogyakarta.

Syukur, Fatah, “Pengajaran Sejarah dan Problematikanya”,

www.Hitsuke.Blogspot.com dalam Google.com, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v6i1.2208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats