Peran Wanita Pengrajin Anyaman Bambu Dalam Membantu Pendapatan Keluarga Di Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai

Sisca Rahmadani, Cut Gustiana, Kiagus Muhammad Zain Basriwijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran wanita sebagai pengrajin anyaman bambu di Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai dan untuk mengetahui besar pendapatan wanita sebagai pengrajin anyaman bambu di Kecamatan Binjai Utara,Kota Binjai. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus atau Sampling Jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis harvard dan metode analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran wanita pada analisis aktivitas kegiatan produktif  lebih didominasi oleh laki-laki,  kegiatan reproduktif didominasi oleh wanita, dan pada kegiatan sosial dapat dilakukan secara bersam-sama tanpa ada pembedaan. Curahan waktu kerja wanita pengajin anyaman bambu yaitu sebesar 14,11 jam perhari dengan waktu istirahat 9,8 jam perhari. Pendapatan bersih yang diperoleh wanita pengrajin anyaman bambu yaitu sebesar Rp. 899.058, dengan pendapatan keluarga 1.875.234 dan kontribusi wanita pengrajin anyaman bambu terhadap total pendapatan keluarga adalah besar yaitu 51%.

Kata Kunci : Anyaman Bambu, Peranan, Pendapatan,Kontribusi

 


Full Text:

PDF PDF: 239 -253

References


Andriani, Ayu, Azhar, Et Al. (2017). Kontribusi Pendapatan Perempuan Pengrajin Atap Nipah Terhadap Pendapatan Keluarga Di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Agribisnis Pertanian Unsyiah.

Badan Pusat Statistik. (2020). Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2020

Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Perdagangan, Kota Binjai.(2020)

Gumilar, R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Seri Sosial Humaniora. Vol. 9 No.2 Hal : 57 -65

Mardiana, D. (2004). Profil Wanita Pengolah Ikan Di Desa Blanakan Kecamatan Blanakan Kecamatan Subang Jawa Barat. Program Studi Manajemen Bisnis Kelautan. Fakultas Kelautan Dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rahmat, Suci Tri. (2016). Analisis Kerajinan Anyaman Bambu Ditinjau Dari Teknik, Bentuk, dan Fungsi di Industri Kerajinan “Bunga Matahari”di Binjai. Program Studi Seni Rupa . Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Medan. Medan

Riniwati Et al. (2017). Gender dan Pembangunan : Studi Kasus Pada Pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Probolinggo. Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Dan Kelautan. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Universitas Brawijaya.

Sinadia, Jilly B.C, Welson M. Wangke, Et Al. (2017). Kontribusi Buruh Perempuan Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasustempat Pelelangan Ikan Di Tumumpa Kota Manado). Jurnal Agri- Sosioekonomi Unsrat. Vol. 13 No. Ia Hal 253 - 260.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah

Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sofwan, M. (2016). Analisis Kontribusi Curahan Tenaga Kerja Wanita Tani Pada Usahatani Tembakau Terhadap Pendapatan Keluarga. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Darul ‘Ulum Jombang.

Syahroni, Ilham Alif. (2020). Analisis Curahan Waktu Kerja Perempuan Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Rumah Tanggapada Anggota Kelompok Budidaya Ikan Mina Lestari Di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mediagro.v19i2.8290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google Scholar

KERJASAMA DENGAN :

 

 

 


Alamat kami di :

Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +628562742580
Email: jurnalmediagro@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats