ANALISIS PENGARUH KOEFISIEN REDAMAN TERHADAP RESPON SISTEM DINAMIK KENDARAAN TERHADAP GANGGUAN PADA RODA DENGAN MENGGUNAKAN SIMULINK
Abstract
Respon sistem dinamik kendaraan sangat sulit dianalisis dan memerlukan
perhitungan numerik yang lama dan membosankan. Simulink memberikan
alternatif yang menyederhanakan perhitungan dengan langsung menyajikan
respon sistem dinamik langsung dalam bentuk grafis. Simulasi ini
menganalisis pengaruh harga-harga koefisien redaman terhadap respon
sistem dinamik mobil dengan mengasumsikan mobil sebagai siste, massapegas-
redaman dengan input roda yang menaiki tonjolan jalan yang
dilewati. Hasilnya, harga koefisien redaman sebesar 1000 Ns/m memberikan
respon terbaik dibanding koefisien redaman 100 dan 500 Ns/m.
Kata kunci: sistem massa-pegas-peredam, persamaan dinamik, simulasi.
perhitungan numerik yang lama dan membosankan. Simulink memberikan
alternatif yang menyederhanakan perhitungan dengan langsung menyajikan
respon sistem dinamik langsung dalam bentuk grafis. Simulasi ini
menganalisis pengaruh harga-harga koefisien redaman terhadap respon
sistem dinamik mobil dengan mengasumsikan mobil sebagai siste, massapegas-
redaman dengan input roda yang menaiki tonjolan jalan yang
dilewati. Hasilnya, harga koefisien redaman sebesar 1000 Ns/m memberikan
respon terbaik dibanding koefisien redaman 100 dan 500 Ns/m.
Kata kunci: sistem massa-pegas-peredam, persamaan dinamik, simulasi.
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v5i1.147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address : :
Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim
JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
Email: momentum@unwahas.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.