PENDIDIKAN POLITIK BERBASIS PEMIKIRAN ISLAM HUMANITER

Asmaul Husna

Abstract


Abstrak
Nilai-nilai moral yang dibawa al-Qur'an—menurut kalangan Islam humanis—secara substansialis telah memberikan panduan yang jelas b agaimana kehidupan manusia dibangun berdasarkan nilai-nilai keadilan dan kesamaan. Tujuan utama al-Qur'an tersebut adalah memberikan panduan berupa nilai-nil ai dan perintah-perintah etik sosial kemasyarakatan dijunjung tinggi dan bersifat mengikat dalam kegiatan-kegiatan sosio-politik umat manusia. Karena itu, keharusan m enegakan nilai-nilai etik-moral dari al-Qur'an menjadi keharusan bagi umat Islam, kapan dan dimanapun berada dengan cara yang positif-konstruktif. Pada titik inilah le tak ruang gerak dari penafsiran-pemahaman yang harus selalu dikontekstualisasikan dengan perkembangan kon-temporer. Pendidikan politik berbasis ppemikiran Is lam humaniter didasarkan pada nilai-nilai humanisme yang merupakan hakikat manusia. Materi pendidikan politik ini harus diupayakan untuk membangun kesadaran manusia secara mendasar.
Kata Kunci:pendidikan politik, Islam humaniter

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Amin, “Kesadaran Multikultural, dalam pengantar M. Ainul Yaqin, Pendidikan

Multikultural: Cross Cultural Understanding u

Pendidikan Politik Berbasis Pemikiran Islam Humaniter Asma’ul Husna

Volume 4 Nomor 1 — Volume 4 Nomor 1 — Maret 2013 109

Noer, Kautsar Azhari, “Tuhan Yang Diciptakan dan Tuhan Yang Sebenarnya”, Jurnal

Paramadina, Vol I, Juli-Desember 1998.

Parekh, Bhikhu, “National Culture and Multiculturalism” dalam Kenneth Thomson (ed.),

Media And Cultural Regulation, London: sage Publications. 1997.

Pribadi, Airlangga, “Memperjuangkan Pluralisme: Menata Peta-Jalan Arsitektur Masyarakat Pluralis”, dalam Abd. Hakim dan Yudi Latif (Peny.), Bayang-bayang Fanatisme,

Esai-esai untuk Mengenang Nurcholish Madjid, Jakarta: PSIK, 2007.

Shihab, Alwi, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan,

Suaidy, Ahmad, Pesantren dan Demokratisasi, Yogyakarta: LKiS, 2000.

Suseno, Franz Magnis, 12 Tokoh Etika Abad ke-20, Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Wahid, Marzuki (ed), Jejak Jejak Islam Politik, Synopsis Sejumlah Studi Islam Indonesia

Jakarta: Dirjen Diktis Kemenag RI, 2004.

Wahid, Abdurrahman, “Agama dan Demokrasi”, dalam YB. Mngunwijaya, dkk.,

Spiritualitas Baru: Agama dan Aspirasi Rakyat, Yogyakarta: Dian Interfedei, 1994.

__________, “Dialog Agama dan Masalah Pendangkalan Agama”, dan “Kebebasan Agama dan

Hegemoni Negara”, dalam Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (ed.), Passing

Over Melintasi Batas Agama, Jakarta: Paramadina, 1998.

__________, “Dialog Agama dan Masalah Pendangkalan Agama”, dan “Kebebasan Agama dan

Hegemoni Negara”, dalam Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (ed.), Passing

Over Melintasi Batas Agama, Jakarta: Paramadina, 1998.

__________, “Hubungan Antar Agama-Agama Dimensi Internal dan Eksternal di Indonesia”,

dalam Abdurrahman Wahid, dkk., Dialog Kritik dan identitas Agama, Yogyakarta:

Dian Interfidai, 1992.

__________, “Islam dan Masyarakat Bangsa”, Jurnal Pesantren, Jakarta, Vol. VI, No. 3, 1989,

__________, “Islam Punyakah Konsep Kenegaraan?” Tempo, 26 Maret 1982.

__________, “Kata Pengantar”, dalam Einar Martahan Sitompul, Nahdaltul Ulama dan

Pancasila, Jakarta: Sinar Harapan, 1989.

__________, “Sosialisasi Nilai-Nilai Demokrasi”, dalam M. Masyhur Amin dan Moh. Najib (ed.),

Agama Demokrasi dan Transformasi Sosial Yogyakarta: LKPSM, 1993.

__________, “Universalisme Islam dan Kosmopolitanisme Peradaban Islam”, dalam Budhi

Munawar Rahman (ed.), Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, Jakarta:

Paramadina, 1994.

__________, “Universalisme Islam dan Kosmopolitanisme”, dalam Budhy Munawar-Rahman,

Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, Jakarta: Paramadina, 1995.

Asma’ul Husna Pendidikan Politik Berbasis Pemikiran Islam Humaniter

Volume 4 Volume 4 Nomor 1— Maret 2013

__________, MenguraiHubungan Negara dan Demokrasi, Jakarta: Grasindo, 1999.

__________, Prisma Pemikiran Gus Dur, Yogyakarta: LKiS, 2000.

__________, Tuhan Tak Perlu Dibela, Yogyakarta: LKiS, 1999.

Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural: Cross Cultural Understanding untuk Demokrasi

dan Keadilan, Jogjakarta, Pilar Media, 2005.

Zada, Khamami (ed.), Neraca Gus Dur di Panggung Kekuasaan, Jakarta: Lakspedam, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v4i1.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


View My Stats