ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT PELAJARAN IPA KELAS VI SD

Sayidi Sayidi Sayidi

Abstract


Media pembelajaran adalah bagian penting pelaksanaan pembelajaran. Namun pada kenyataannya, masih sedikit guru yang menggunakan karena keterbatasan kemampuan membuat media yang mudah, cepat, menarik dan interaktif. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lingkungan belajar yang interaktif siap pakai, mudah dipelajari dan digunakan untuk pembelajaran individu di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan,dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima fase: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data melalui google form yang di sebar melalui forum guru kelas 6 di gugus Ki Hajar Dewantara.  Didapatkan hasil bahwa penggunaan media pembelajaran sebesar 94%, penggunaan media powerpoint sebesar 45,5%, dan tanggapan positif dalam pembelajaran IPA sebesar 81,3 Berdasarkan hasil analisis ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis IT dimungkinkan untuk digunakan, dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran pelajaran IPA untuk siswa sekolah dasar.


Keywords


media pembelajaran, powerpoint interaktif, pengembangan, teknologi

Full Text:

PDF

References


Agustina, D., Suyatna, A., & Suyanto, E. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).

Apriani, A. N., & Wangid, M. N. (2015). The effect of thematic-integrative SSP on the character of discipline and responsibility of third grade elementary school students. Journal Prima Edukasia, 3(1), 12-25.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013.Jakarta:Kemendikbud

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik

Sakti, I. ( 2013). Pengaruh Media Animasi Fisika dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Minat Belajar 1(1), 493- 498




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v14i1.8690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar   Google Scholar Google Scholar Google Scholar  Google Scholar

Editorial Address:

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Visitor Jurnal Magistra