PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MATERI GERAKAN DAN BACAAN SALAT PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI SEKARAN 02 GUNUNGPATI SEMARANG

Siti Rosidah

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini menerapkan metode drill dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III semester genap di SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang tahun ajaran 2018/2019 pada materi bacaan dan gerakan salat. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan metode drill dalam pembelajaran PAI semester 2 materi gerakan dan bacaan salat di SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang, (2) Bagaimana efektifitas pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode drill materi gerakan dan bacaan salat di SD Negeri Sekaran 02. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sekaran 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 60%, siklus II 80%. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode drill dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III semester II pada kompetensi dasar menghafal bacaan salat dan menampilkan keserasian gerakan salat sangat efektif.

Kata kunci: metode drill, pembelajaran PAI, gerakan dan bacaan salat.


Abstract

This classroom action research applies drill method to increase activity and learning outcomes for third graders in semester 2 at SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang year 2018/2019 on material salat movement and reading. Problems studied in this research are: (1) Is the application of drill method in Islamic Education (PAI) lesson semester 2 on material salat movement and reading at SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang, (2) How is the effectiveness of implementation Islamic Education lesson using drill method on material salat movement and reading at SD Negeri Sekaran 02. This study used action research in two cycles. Each cycle consists of four stages, they are: design, activities and observations, reflection, and revision. The target of this research is third graders at SD Negeri Sekaran 02, Gunungpati, Semarang, year 2018/2019. The data obtained are in formative test results, observation sheets of teaching learning activities. From analysis result, the writer found that student learning achievement had increased from cycle I to cycle II, in cycle I is 60% and cycle II is 80%. The results of this study reveal that drill method give positive effect on learning outcomes of third graders semester 2 on basic competence of memorizing salat reading and practicing salat movements in harmony effectively.

Keywords: drill method, Islamic education lesson, salat movements and reading.

Keywords


drill method;Islamic education lesson;salat movements and reading;metode drill;pembelajaran PAI;gerakan dan bacaan salat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Anisa, R, Meningkatkan Pelaksanaan tata cara shalat melalui metode kinestik bagi

siswa tuna grahita. E-JUPEku, 2016

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Intermasa,

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara, 2006

Chabib, Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996 Departemen Agama RI, AL-Hikmah AL-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Penerbit

Diponegoro, 2006.

Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi, Bandung: Rosdakarya, 2003

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, (Bandung: Rosdakarya, 2004

Hawi, Akmal. Pendidikan Agama Islam. Palembang: Excellen Publishing, 2008.

Masnah, Peningkatan Kemampuan Menghafal Bacaan-Bacaan Shalat Dengan Menggunakan Metode Drill Di Awal Pelajaran Pada Siswa Kelas 7 Smp Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Volume 2 nomor (02), 2008.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001

Rasjid, H. Sulaiman, Fiqih Islam. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2002 Rasyid, Sulaiman, Fikih Islam/. Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2005 Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Sumiati dan Azra, Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima, 2008 Suparno, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Depdiknas, 2008

Sudjana, Nana, Berbagai Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Sugiyono, Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013

Utomo, Cahyo Budi, Pengembangan Instrumen dalam PTK, Karya Tulis Ilmiah dalam

Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, Semarang: Lemlit UNNES, 2006.

Wijayama, B, Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui

Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Kreatif: Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar   Google Scholar Google Scholar Google Scholar  Google Scholar

Editorial Address:

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Visitor Jurnal Magistra