STRATEGI PENERAPAN KURIKULUM DAN PROBLEMATIKANYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Roudlotul Jannah

Abstract


Abstrak

Masa ke masa pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan. Hal tersebut dapat ditinjau dari kurikulumnya yang selalu berubah demi perbaikan. Pengembangan kurikulum antara lain mengacu pada dampak era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan kurikulum dan problematikanya di MI Tarbiyatul Athfal Bojonegoro. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa MI Tarbiyatul Athfal menerapkan Kurikulum 2013 secara bertahap sejak tahun ajaran 2017/2018. Penerapan didukung dengan langkah-langkah strategis seperti keikutsertaan guru dalam pelatihan, pengayaan literatur, dan pengadaan sarana dan prasarana. Sejumlah problem yang ditemukan selama penerapan Kurikulum 2013 yakni pengalokasian waktu yang belum maksimal dalam menyampaikan materi disebabkan pembelajaran yang bersistem tematik yakni menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu tema. Penilaian pun dirasakan membutuhkan kejelian guru karena penyampaian materi dilakukan secara terintegrasi dari beberapa mata pelajaran namun pada penilaian guru harus memilah kembali pencapaian siswa per mata pelajaran.

Kata kunci: penerapan kurikulum, problematika, strategi


Abstract

Time by time, education in Indonesia has developed. This can be seen by curriculum changing for improvement. Curriculum development refers to impact of globalization era and rapid development of information and technology. This study aims to identify the implementation of curriculum and its problems at MI Tarbiyatul Athfal Bojonegoro. This study uses a qualitative descriptive approach. Data obtained through interviews and documentation. The results show that MI Tarbiyatul Athfal has implemented 2013 Curriculum since 2017/2018. Implementation is supported by strategic steps such as teacher participation in training, literature enrichment, and provision of facilities and infrastructure. A number of problems were found during the implementation of 2013 Curriculum, such as inadequate allocation of time in delivering material due to thematic learning system, which combines several subjects into one theme. The assessment is also require carefulness by the teacher because the delivery of material is carried out in an integrated manner from several subjects, but in the assessment the teacher must sort out the achievement of students by subject.

Keywords: curriculum implementation, problematics, strategy

Keywords


curriculum implementation;problematics;strategy;penerapan kurikulum;problematika;strategi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, S., Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi, Semarang: Pustaka Rizki Putra bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2012.

Alimuddin, Penilaian dalam Kurikulum 2013, Prosiding Seminar Nasional, 1 (1), 2014. Amelia, D. J., Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di SD Wajak, ELSE

(Elementary School Education Journal), 2 (2), 2018.

Astuti, E. T., Problematika Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Ploso I Pacitan, Al- Idaroh, 1 (2), 2017.

Bahri, S., Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Volume XI, (1), 2011.

Gosper, M. and Ifenthaler, D., Curriculum Models for the 21st Century, New York: Springer, 2014.

Hakim, L., Analisis Perbedaan antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013, Jurnal Ilmiah Didaktika, 17 (2), 2017.

Hamalik, O., Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Hidayat, S., Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013. Insani, F. D., Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal

Kemerdekaan Hingga Saat Ini, As-Salam I, VIII (1), 2019.

Kasiono, Problematika Penerapan Kurikulum 2013 di SD YPMM Tebing tinggi dan

Strategi dalam Mengatasinya, Dikdaya, 05 (01), 2015.

Krissandi, A. D. S. dan Rusmawan, Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi

Kurikulum 2013, Cakrawala Pendidikan, XXXIV (3), 2015.

Majid, A., Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mas, S. R., Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Inovasi, 5 (2), 2008.

Muhlison, Guru Profesional (Sebuah Karakteristik Guru Ideal dalam Pendidikan Islam), Jurnal Darul ‘Ilmi, 2 (2), 2014.

Mustaqim dan Darnoto, Problematika Implementasi Kurikulum 2013 dalam Aspek Pembelajaran di Madrasah, Jurnal Tarbawi, 15 (2), 2018.

Mustofa, Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4 (1), 2007.

Novitasari, N. dkk., Analisis Kendala Guru dalam Menerapkan K13 terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Pegadungan 8 Petang, Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (1), 2020.

Nugroho, H. A., dan Ishartiwi, Analisis Perbedaan pada Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 terhadap Penyesuaian Alokasi Waktu Perminggu Untuk SDLB, PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3 (1), 2019.

Nursalim, Profesionalisme Guru SD/MI, Lentera Pendidikan, 20 (2), 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar

Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Rahman, A. dan Bahar, S., Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Studi Deskriptif di Kecamatan Palu Barat dan Palu Timur Kota Palu, Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9 (2), 2019.

Rahmawati, A. N., Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD, Indonesian Journal of Primary Education, 2 (1), 2018.

Setiadi, H. Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 (2), 2016.

Slattery, P., Curriculum Development in the Postmodern Era, New York: Routledge, 2006.

Sudijono, A., Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.

Uran, L. L., Evaluasi Implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK Se- Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22 (1), 2018.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Waseso, H. P, Studi Kritis terhadap Kurikulum MI/SD 2013, Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4 (1), 2017.

Winarsih, S., Peran Model Jaringan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah, Jurnal Kependidikan, II (1), 2014.

Winarso, W., Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Cirebon: CV. Confident, 2015.

Wuryani, W. dan Irham, M., Penilaian dalam Perspektif Kurikulum 2013, Insania, 19 (1), 2014.

Yusnaini dkk., Evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri 67 Kota Banda Aceh, Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 (1), 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar

Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats