TRACER STUDY: KETERSERAPAN DAN KEPUASAN PENGGUNA ALUMNI PGMI UNWAHAS LULUSAN TAHUN 2015, 2016 DAN 2017

Ali Imron, Ma'as Shobirin, Ummu Jauharin Farda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berusaha melakukan penelusuran terhadap
alumni atau biasa disebut dengan tracer study PGMI paska lulus
tahun 2015, 2016 dan 2017. Tracer study merupakan bagian
penting dari evaluasi program studi untuk mengetahui sejauh mana
keterserapan alumni di dunia kerja. Tidak hanya itu, penelitian ini
juga berusaha mencari kepuasan pengguna alumni PGMI FAI
Universitas Wahid Hasyim Semarang. Berdasarkan penelitian yang
sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pekerjaan alumni
setelah lulus dari kuliah sebagian besar relevan dengan
kompetensinya, yaitu guru. Sebanyak 84 responden bekerja
sebagai guru, 8 bekerja di sektor lain, 4 responden menikah, dan 8
responden melanjutkan studi S2. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa alumni PGMI sangat siap bekerja dengan
kompetensi yang dimilikinya.
Lulusan PGMI memiliki masa tunggu yang relatif baik,
yakni di bawah 6 bulan, bahkan 58 responden bekerja dengan masa
tunggu di bawah 3 bulan. Hal ini dikarenakan para responden
banyak yang sudah ikut membantu ekstra kurikuler seperti
pramuka, seni, atau ekstra lain sehingga mereka sudah diminta ikut
mengajar bahkan sebelum lulus.
Kompetensi lulusan yang sangat menunjang kinerja alumni
dengan nilai sangat baik terbanyak adalah integritas yang berupa
kejujuran, sikap, dan tanggung jawab alumni dalam bekerja.
Kemudian komunikasi alumni juga dinilai sangat baik.

Key Word: Tracer Study, Kepuasan Customer, Alumni PGMI FAI

Universitas Wahid Hasyim Semarang


Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:

Rineka Cipta, 1992

Buku Panduan Akademik IAIN Walisongo, Semarang: IAIN Walisongo, 2014

Koentjaraningrat, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Kurikulum 2013, Model Pemebelajaran di Sekolah Dasar dan Madrasah

Ibtidaiyah menggunakan tematik terpadu, 2013

Maliki, Zainuddin, Sosiologi Pendidikan, cet. II, Yogyakarta: UGM Press, 2010

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin,

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta:

Bumi Aksara, 2003

Nasution, S., Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, cet. 2, Bandung, Tarsito,

Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun tentang Perguruan Tinggi, 1999.

Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan

Tinggi Negeri

Potter, Booby de, Quantum Teaching, Birmingham: Routladge Press, 2000

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005

Suharsaputra, Uhar, Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi, Bandung: PT

Refika Aditama, 2015

Sutrisno, Pendidikan Islam Yang Menghidupkan, Cet II Yogyakarta: Kota

Kembang, 2008

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan

Dosen, Jakarata: Depdiknas RI, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman



INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar

Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats