TRIPUSAT PENDIDIKAN SEBAGAI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN BAGI ANAK

Ni Made Sri Agustini

Abstract


Abstrak
Tripusat pendidikan adalah tiga pusat pendidikan yang terdiri dari lingkungan pendidikan
keluarga, sekolah dan masyarakat yang secara bertahap dan terpadu mengemban suatu
tanggung jawab dalam pengembangan teori pembelajaran pada anak. Lingkungan keluarga
yang merupakan lingkungan pertama dan dianggap sebagai peletak dasar pendidikan anak
yang sekaligus awal dari pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya serta sangat berperan
dalam pembentukan kepribadian. Pendidikan di sekolah mempunyai dasar, tujuan, isi, metode
dan syarat-syarat lain yang disusun secara sistematis dalam bentuk kurikulum dan dianggap
sebagai peletak dasar pengetahuan ilmiah. Pada pendidikan di masyarakat, seorang anak akan
merealisasikan sejumlah teori pendidikan dan pengajaran yang pernah diajarkan dalam
lembaga pendidikan sebelumnya. Anak akan mengaktualisasikan dan melibatkan diri dalam
lingkungan masyarakat. Penerapan tripusat pendidikan sangat mempengaruhi pengembangan
teori pembelajaran pada anak yang dilaksanakan secara terpadu dapat menjadikan anak
memiliki kepribadian yang utuh dan bertanggung jawab. Anak akan memiliki
profesionalisme yang merupakan modal utama untuk terjun ke masyarakat. Oleh karena itu,
tripusat pendidikan merupakan suatu rangkaian sistem yang terpadu dalam melaksanakan
proses pendidikan yang dapat mengantar peserta didik untuk mencapai kedewasaannya yang
dapat berguna bagi nusa dan bangsa.
Kata Kunci: Tripusat Pendidikan, Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran, Anak.
Abstract
Three-centered education is three center education which consist of family education
environtment, school and society which gradually and integrated carrying out a responsible
in improvement of learning theory for children. Family is the first environment and
considered as basic of children educaation at once the early education which can they take
next and having role in personality formation. Education in school has basic, goal, content,
method and other requirements which are set systematically in curriculum and considered as
basic of scientific knowledge. Education in society, a child will realize some education theory
and their learning that they get from their previous education. Children will actualized and
involving themselves in society environtment. The implementation of three-centered
education is very influencial the improvement of learning theory on choldren which
conducted integratedly can make the children will have profesionalism as main capital to
take part on society. Therefore, three-centered education is an integrated series system in
conducting education process which can take the learners reach their maturity and usefull
for their nation.
Keywords: three-centered education, institution of learning theory improvement, children

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Admodiwiro, Soebagio, Manajemen Pendidikan. PT Ardadizya, Jakarta, 2000.

Ardy Wiyani, Novan dan Barnawi, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media, 2012.

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati¸Ilmu Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Ali, H. B. Hamdani. Filsafat Pendidikan. Cet. III; Yogyakarta: Kota Kembang, 1993.

Ardy Wiyani, Novan dan Barnawi, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media, 2012.

Arifin, H.M. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis

Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2011.

Djumransjyah, HM dan Abdul Malik Karim Amrullah, Pendidikan Islam Menggali

Tradisi Mengukuhkan Eksistensi, Malang: UIN Makang Press, 2007.

Djumberansyah Indar, M, Filsafat Pendidikan, Surabaya: Abditama, 1994, hlm.

H. B. Hamdani Ali, Filsafat Pendidikan Cet. III, Yogyakarta: Kota Kembang, 1993.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999.

Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Indar, M. Djumberansyah. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Abditama, 1994.

Koentjaraningrat. Pengantar Antropologi. Jakarta: Penerbit Universitas, 1999.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan

Pendidikan. Cet. III ; Jakarta : Al-Husna Zikra, 1995.

Majid, Nurcholish. Masyarakat Religius. Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1997.

Nasution S, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyoetomo. Perguruan Tinggi, Pesantren: Pendidikan Alternatif Masa Depan. Cet.

I; Jakarta: Gema Insani Press, 1997.Ni Made Sri A Tripusat Pendidikan Sebagai...

MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018

Zuhairini. et.al. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v9i2.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


View My Stats