PERAN FURU KELAS DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SDN WATUAJI 01 KABUPATEN JEPARA

fitria martanti

Abstract


Abstrak
Kegiatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus, sehingga guru kelas harus juga memberikan layanan bimbingan konseling kepada semua siswa tanpa terkecuali. Guru Sekolah dasar tentunya harus mendapat pengetahuan yang cukup selain dalam melaksanakan tugas sebagai guru kelas, juga dalam memberikan layanan bimbingan konseling. Penelitian ini berupaya untuk melihat bagaimana peran guru kelas dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling di SDN Watuaji 01 Kabupaten Jepara. Adapun hasil penelitian menunjukkan pemberian layanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh belum dilkukan secara maksimal. Guru juga belum melakukan catatan secara tertulis tentang berbagai permasalahan yang terjadi, solusi maupun perkembangan masalah hingga masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran guru kelas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling adalah melakukan pelatihan tentang pelaksanaan pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh guru Sekolah Dasar, menyelenggarakan berbagai seminar tentang upaya pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh guru Sekolah Dasar dan pengupayaan peran maksimal Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
Kata Kunci: Guru Kelas, Bimbingan dan Konselin
Abstract
Guidance and Counseling in elementary school are not provided by Teachers Advisors specifically, so classroom teachers should also provide counseling services to all students without exception. The elementary school teacher surely must have sufficient knowledge in addition to carrying out duties as a classroom teacher, also in providing counseling services. This study attempted to see how the class teacher's role in the implementation of Guidance and Counseling at SDN 01 Watuaji Jepara regency. The research results indicate the provision of guidance and counseling services as a whole has not dilkukan maximum. She also has not made a written note of the various issues involved, as well as the development of problem solutions until the issue can be resolved properly. The effort can be done to enhance the role of
19
Fitria Martanti Peran Guru Kelas Dalam Memberikan Layanan….
MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015
classroom teachers in providing guidance and counseling services is to conduct training on the implementation of the provision of guidance and counseling services by elementary school teachers, organizes various seminars on efforts to provide guidance and counseling services by elementary school teachers and the insistence on maximum role group Teachers work (KKG) and Subject Teachers Council.
Keywords: Master Class, Guidance and Counseling


Full Text:

douwnlod disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Djunaedi, Wawan dkk, Pendidikan Islam Adil Gender di Madrasah. Jakarta:

Pustaka STAINU, 2008.

Hanun, Asrohah, Sosiologi Pendidikan, Surabaya: Kopertais Press, 2008.

Jhon M. Echol, dan Hasan Shadily, Kamus Besar Inggris-Indonesia, Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Mansour, Faqih, Analisis gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, 2000.

Marhaeni, A. A. I. N, Perkembangan Studi Perempuan, Kritik, dan Gagasan

Sebuah Perspektif untuk Studi Gender ke Depan. Jurnal Piramida

dalam ejournal. unud.ac.id, 2008 diakses 15 Agustus 2017.

Mufidah Ch. Bingkai Sosial Gender: Islam, Strukturasi dan Konstruksi Sosial.

Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Muthaliin, Achmad, Bias Gender dalam Pendidikan, Surakarta:

Muhamadiyah University Press, 2001.

Nugroho, Riant, Gender dan Administrasi Publik, Yogyakarta: Pustaka

Pelajar, 2008.

Sapriya, Pendidikan IPS, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Umar, Nasarudin, Argumen Kesetaraan Gender: Perspektif al-Qur’an,

Jakarta: Paramadina, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


View My Stats