Penerapan Robotic Process Automation (RPA) Untuk Otomatisasi Proses Penilaian Pada Aplikasi Raport Digital Raudhatul Athfal

Daniel Alfa Puryono, Irzam Sa’roni

Abstract


Aplikasi ARDIRA merupakan aplikasi manajemen penilaian untuk peserta didik yang digunakan secara menyeluruh serta terpadu untuk menyusun laporan capaian kompetensi secara harian dan bulanan. Maka dari itu setiap guru kelas Raudhatul Al-Fattah (RA) di tuntut untuk melakukan input nilai secara harian dan bulanan. Saat ini guru kelas masih melakukan input penilaian tersebut secara manual dan memakan waktu yang lama, serta dilakukan secara terus menerus sehingga bisa mengalami kejenuhan untuk urusan administrasi. Sehingga membuat tidak fokus pada tugas yang utama yaitu mendidik anak. Permasalahan waktu dan kejenuhan tersebutlah yang melatar belakangi untuk membuat inovasi dengan mengunakan Robotic Process Automation (RPA) dalam melakukan penginputan nilai pada aplikasi ARDIRA secara otomatis, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Pada penelitian ini RPA digunakan untuk menggantikan pekerjaan dan kinerja yang monoton dengan cara otomatisasi suatu proses. RPA bekerja berdasarkan sistem aktifitas pekerjaan manusia yang di duplikasi kemudian dilakukan dan diselesaikan oleh individu pada suatu aplikasi. RPA bisa dibuat menggunakan tools-tools yang dapat diakses secara umum. Yaitu dengan langkah pembuatan script robotic melalui tools Uipath kemudian mengaplikasian RPA tersebut kedalam program aplikasi. Sehingga hasilnya proses penginputan nilai pada aplikasi ARDIRA dapat dilakukan lebih cepat dari waktu semula 3-5 jam jika dilakukan secara manual oleh guru, menjadi 6 menit 26 detik dengan penerapan RPA.

Keywords


Robotic Process Automation (RPA), Otomatisasi Proses, Penilaian

Full Text:

PDF

References


Fernando, D. and Harsiti, H. (2019) ‘Studi Literatur: Robotic Process Automation, JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 6(1), p. 6.

Lacity, M., Willcocks, L. P., & Craig, A. (2015). Robotic process automation at Telefonica O2.

Leopold, H., Aa, H. V. D., & Reijers, H. A. (2018). Identifying candidate tasks for robotic process automation in textual process descriptions. In Enterprise, Business-Process and Information Systems Modeling (pp. 67-81). Springer, Cham.

Moffit, K.C., Rozario, A.M, Robotic Process Automation for Auditing, J. Emerg Technology Account, col 15 no 1 pp 1-26, 2015.

Pertama, P (2020). Cara Mengerjakan ARDIRA Aplikasi Rapor [Online]. Available from: https://www.madrasahebat.com/2020/02 /cara-mengerjakan-adrida-aplikasi-rapor.html.

Ribeiro, J. et al. (2021) ‘Robotic Process Automation and Artificial Intelligence in Industry 4.0 - A Literature review, Procedia Computer Science, 181(2019), pp. 51–58.

Romao, M., Costa, J., & Costa, C. J. (2019, June). Robotic process automation: A case study in the banking industry. In 2019 14th Iberian Conference on information systems and technologies (CISTI) (pp. 1-6). IEEE.

Tripathi, A. M. (2018). Learning Robotic Process Automation: Create Software robots and automate business processes with the leading RPA tool–UiPath. Packt Publishing Ltd.

UiPath (2020). UiPath Studio: introduction. [Online]. Available from: https://docs.uipath.com/studio/docs/introduction.




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jinrpl.v4i2.6644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google Scholar GarudaCrossrefBASE Dimensions DOAJOne Search Scilit Sinta

 

 

 


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: 0815-6529-309
Email: jinformatika@unwahas.ac.id
 
 
RJI JournalStories Main logo
View My Stats
ISSN : 2656-2855   E-ISSN : 2685-5518