Editorial Policies

Focus and Scope

Journal of Accounting and Finance (JAFIN) berfokus pada kajian yang relevan untuk pengembangan teori akuntansi. Fokus JAFIN terkait dengan berbagai tema, topik, dan aspek akuntansi yang ditulis dengan menggunakan berbagai pendekatan atau paradigma studi, antara lain sebagai berikut:

  • Auditing
  • Akuntansi Manajemen
  • Akuntansi Keperilakuan
  • Akuntansi Hijau (Green Accounting)
  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Forensik
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Akuntansi Perpajakan
  • Akuntansi Biaya

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

PROSES REVIEW

Semua naskah yang dikirimkan akan dibaca oleh Pemimpin Redaksi JAFIN pada awalnya untuk evaluasi meja (Poin 2 dan 3). Pada tahap ini, manuskrip yang dikirimkan akan diperiksa apakah sesuai dengan pedoman penulis JAFIN dan template untuk pengiriman, juga apakah manuskrip tersebut sesuai dengan fokus dan ruang lingkup JAFIN saat ini. Jika sesuai, proses selanjutnya akan dilakukan, dan jika tidak, naskah akan kami tolak untuk dapat diajukan ke jurnal lain.

  1. Pengajuan hanya diproses secara online melalui OJS JAFIN.
  2. Naskah yang telah dikirimkan akan melalui screaning awal yang dilakukan oleh editor in chief JAFIN. Pada tahap ini, naskah yang dikirimkan diperiksa kesesuaiannya dengan  pedoman penulis, template, focus dan ruang lingkup JAFIN. Naskah yang telah sesuai akan dilanjutkan ke proses berikutnya sedangkan yang tidak sesuai akan ditolak untuk melanjutkan ke jurnal lain.
  3. Naskah yang dikirimkan akan diperiksa dengan Turnitin (pemeriksaan kesamaan). Jika tingkat kesamaan lebih dari 40%, naskah akan langsung ditolak tanpa tinjauan substantif (lihat kebijakan plagiarisme JAFIN). Naskah yang lolos tahap ini akan dikirim ke editor yang sesuai.
  4. Naskah yang dikirimkan akan direview oleh editor yang ditugaskan untuk mengetahui apakah cukup memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang akuntansi dan keuangan. Naskah dengan kebaruan yang tidak signifikan ditolak dalam tahap ini. Sedangkan naskah yang memenuhi syarat akan dilanjutkan ke tahap review substantif oleh peer reviewer.
  5. Setelah proses substantif review selesai, Pemimpin Redaksi JAFIN kemudian mengambil keputusan berdasarkan rekomendasi editor dan peer reviewer yang ditugaskan dengan beberapa kemungkinan keputusan sebagai berikut: (1) ditolak = naskah tidak dipertimbangkan untuk diterbitkan di JAFIN karena beberapa alasan seperti naskah tidak memiliki kebaruan dan kontribusi yang signifikan, naskah telah disiapkan dengan buruk, penelitian yang sangat mirip ditemukan, dll.; (2) diterima dengan revisi besar = naskah memerlukan revisi substansial sebelum diterbitkan. Ini mungkin terkait dengan keadaan seni, kebaruan, signifikansi studi, metodologi, dll. Editor akan memberikan empat hingga 12 minggu untuk menyelesaikan revisi; (3) diterima dengan sedikit revisi = naskah membutuhkan sedikit revisi tetapi tidak substansial sebelum diterbitkan. Biasanya, ini terkait dengan kepatuhan pedoman penulis JAFIN. Editor akan memberikan waktu satu sampai empat minggu untuk menyelesaikan revisi; (4) diterima tanpa revisi = naskah akan diterbitkan tanpa revisi.
  6. Naskah yang dikirimkan yang diterima dengan revisi (minor atau mayor) akan mendapatkan komentar (umpan balik) dari editor dan peer reviewer dan akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi.
  7. Penulis diberi waktu tertentu untuk menyelesaikan revisi naskah sesuai dengan status naskah, yaitu diterima dengan revisi minor atau diterima dengan revisi mayor (lihat penjelasan tentang kemungkinan keputusan di atas). Waktu tambahan untuk menyelesaikan revisi harus ditanyakan kepada Pemimpin Redaksi JAFIN melalui email (jurnaljafin@unwahas.ac.id). Jika penulis tidak menyerahkan naskah yang direvisi sampai batas waktu dan tidak ada pemberitahuan yang dikirimkan ke editor JAFIN, penulis ddianggap mengundurkan diri.
  8. Naskah yang telah melalui revisi akhir dan diterima akan diterbitkan di JAFIN pada edisi yang ditentukan oleh Chief in Editor JAFIN. Penulis dapat bertanya kepada Chief in Editor jika meninginkan terbit pada edisi tertentu. Untuk itu, penulis harus mengajukan permohonan kepada Pemimpin Redaksi JAFIN melalui email (jurnaljafin@unwahas.ac.id).

 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Penyataan

Journal of Accounting and Finance (JAFIN) merupakan jurnal peer-review dan open access yang diterbitkan oleh Universitas Wahid Hasyim Semarang. Perguruan Tinggi yang berkomitmen untuk menjunjung tinggi standar etika publikasi tertinggi dan mengambil segala tindakan yang mungkin terhadap malpraktik publikasi. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, editor, dewan redaksi, reviewer, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal. Tanggung jawab kami adalah mempublikasikan karya asli yang bernilai kepada komunitas intelektual dalam bentuk terbaik dan dengan standar setinggi mungkin. Kami mengharapkan standar serupa dari pengulas dan penulis kami. Kejujuran, orisinalitas, dan transaksi yang adil di pihak penulis, dan keadilan, objektivitas, dan kerahasiaan di pihak editor dan pengulas adalah beberapa nilai penting yang memungkinkan kami mencapai tujuan kami. JAFIN berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan, dan untuk memberikan tinjauan hukum jika perlu.

Tugas Editor

Keputusan Publikasi
Para editor Journal of Accounting and Finance memastikan bahwa semua naskah yang diajukan sedang dipertimbangkan untuk publikasi menjalani peer-review oleh setidaknya dua reviewer yang ahli di bidangnya. Editor bertanggung jawab untuk memutuskan manuskrip mana yang diserahkan ke jurnal yang akan diterbitkan, berdasarkan validasi karya yang bersangkutan, kepentingannya bagi peneliti dan pembaca, komentar pengulas, dan persyaratan hukum yang berlaku saat ini mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau reviewer lain dalam membuat keputusan ini.

Keadilan
Editor mengevaluasi naskah yang dikirimkan secara eksklusif berdasarkan prestasi akademis mereka (pentingnya, orisinalitas, validitas studi, kejelasan) dan relevansinya dengan ruang lingkup jurnal, tanpa memperhatikan ras penulis, jenis kelamin, orientasi seksual, asal etnis, kewarganegaraan, keyakinan agama , filsafat politik atau afiliasi institusional. Keputusan untuk menyunting dan menerbitkan tidak ditentukan oleh kebijakan pemerintah atau lembaga lain di luar jurnal itu sendiri. Pemimpin redaksi memiliki wewenang penuh atas seluruh isi editorial jurnal dan waktu penerbitan konten tersebut.

Kerahasiaan
Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis yang sesuai, pengulas, pengulas potensial, penasihat editorial lain, dan penerbit, sebagaimana mestinya.

Pengungkapan dan konflik kepentingan
Editor tidak akan menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan untuk tujuan penelitian mereka sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh editor sebagai hasil dari penanganan naskah akan dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Editor tidak akan mempertimbangkan manuskrip yang memiliki konflik kepentingan akibat persaingan, kolaboratif, atau hubungan/koneksi lainnya dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan makalah; sebaliknya, mereka akan meminta anggota dewan redaksi yang lain untuk menangani naskah tersebut.

Manajemen perilaku tidak etis
Para editor, bersama-sama dengan penerbit, harus mengambil tindakan responsif secara rasional ketika keluhan etis telah disampaikan mengenai naskah yang dikirimkan atau artikel yang diterbitkan. Setiap tindakan penerbitan yang tidak etis yang dilaporkan akan diperiksa, bahkan jika ditemukan bertahun-tahun setelah publikasi. Untuk itu JAFIN memiliki tenaga ahli hukum di bidang Hak Kekayaan Intelektual yang didirikan oleh Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Tugas Penulis

Standar Pelaporan
Penulis penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan dan hasilnya, diikuti dengan diskusi objektif tentang pentingnya pekerjaan. Naskah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Artikel ulasan harus akurat, objektif dan komprehensif, sementara 'opini' editorial atau potongan perspektif harus diidentifikasi dengan jelas. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan retensi data
Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik, dan harus, dalam keadaan apa pun, bersiap untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

Orisinalitas dan plagiarisme
Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, bahwa ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat. Plagiarisme memiliki banyak bentuk, mulai dari 'melewatkan' makalah orang lain sebagai makalah penulis sendiri, menyalin atau memparafrasekan bagian penting dari makalah orang lain (tanpa atribusi), hingga mengklaim hasil dari penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Plagiarisme dalam segala bentuknya merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Kami akan memeriksa setiap naskah menggunakan pemeriksa plagiarisme (Turnitin) untuk memastikan keaslian artikel. Selanjutnya, setiap artikel yang dikirimkan harus disertai dengan surat pernyataan dari penulis yang menyatakan bahwa artikel tersebut bebas dari plagiarisme.

Publikasi ganda, redundan, atau bersamaan
Makalah yang menjelaskan penelitian yang pada dasarnya sama tidak boleh dipublikasikan di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Oleh karena itu, penulis tidak boleh menyerahkan untuk pertimbangan naskah yang telah diterbitkan di jurnal lain. Penyerahan naskah secara bersamaan ke lebih dari satu jurnal adalah perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan sumber
Penulis harus memastikan bahwa mereka telah mengakui karya orang lain dengan benar, dan juga harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat karya yang dilaporkan. Informasi yang diperoleh secara pribadi (dari percakapan, korespondensi atau diskusi dengan pihak ketiga) tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa izin tertulis yang eksplisit dari sumbernya. Penulis tidak boleh menggunakan informasi yang diperoleh selama memberikan layanan rahasia, seperti manuskrip referensi atau aplikasi hibah kecuali jika mereka telah memperoleh izin tertulis eksplisit dari penulis dari pekerjaan yang terlibat dalam layanan ini.

Penulisan makalah
Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi studi yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Dimana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis terkait harus memastikan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah. Jika editor atau penerbit mengetahui dari pihak ketiga bahwa suatu karya yang diterbitkan mengandung kesalahan yang signifikan, adalah kewajiban penulis untuk segera menarik kembali atau memperbaiki makalah atau memberikan bukti kepada editor tentang kebenaran makalah asli.

Deklarasi kepentingan yang bersaing
Semua penulis harus mengungkapkan dalam manuskrip mereka setiap hubungan keuangan dan pribadi dengan orang atau organisasi lain yang dapat dianggap mempengaruhi (bias) pekerjaan mereka secara tidak tepat. Semua sumber dukungan keuangan untuk pelaksanaan penelitian dan/atau persiapan artikel harus diungkapkan, sebagaimana peran sponsor, jika ada, dalam desain penelitian; dalam pengumpulan, analisis dan interpretasi data; dalam penulisan laporan; dan dalam keputusan untuk mengirimkan artikel untuk publikasi. Jika sumber pendanaan tidak memiliki keterlibatan seperti itu, maka hal ini harus dinyatakan. Penulis harus menyatakan minat bersaing dalam naskah/ template.

Integritas gambar
Tidak diperbolehkan untuk meningkatkan, mengaburkan, memindahkan, menghapus, atau memperkenalkan fitur tertentu dalam sebuah gambar. Penyesuaian kecerahan, kontras, atau keseimbangan warna dapat diterima jika dan selama tidak mengaburkan atau menghilangkan informasi apa pun yang ada dalam aslinya. Memanipulasi gambar untuk meningkatkan kejelasan dapat diterima, tetapi manipulasi untuk tujuan lain dapat dilihat sebagai penyalahgunaan etika ilmiah dan akan ditangani sesuai dengan itu. Penulis harus mematuhi kebijakan khusus apa pun untuk gambar grafis yang diterapkan oleh jurnal yang relevan, mis. menyediakan gambar asli sebagai bahan pelengkap artikel, atau menyimpannya di tempat penyimpanan yang sesuai.

Tugas Peer Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial
Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Kecepatan
Setiap referensi terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa tinjauan segera tidak mungkin dilakukan, harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan
Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas
Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan sumber
Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor setiap kesamaan substansial atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dan makalah terbitan lain yang mereka ketahui secara pribadi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan
Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan makalah.

 

Publication Frequency

Journal of Accounting and Finance (JAFIN) menerbitkan edisi baru setiap bulan Maret dan Agustus.

 

Archiving

Jurnal ini memanfaatkan Indonesia one search dan Garuda (Garba Rujukan Digital) untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi. Ini memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan.

 

Author Fees

semua manuskrip yang diterima tunduk pada "Biaya Pemrosesan Artikel" untuk memberikan akses gratis kepada pembaca dan menutupi biaya manajemen tinjauan sejawat, produksi jurnal, hosting online, dan pengarsipan jangka panjang. Biaya Pemrosesan Artikel berlaku untk kalender saat ini dan dapat diubah kapan saja atas kebijakan penerbitan sendiri.

 

Plagiarism Policy

Journal Accounting of Finance menerapkan toleransi Nol terhadap plagiarisme. Setiap manuskrip yang dikirimkan ke JAFIN akan dipindai menggunakan Turnitin (pemeriksaan kesamaan) kemudian editor memutuskan kasus kemungkinan plagiarisme. Laporan kesamaan akan diberikan kepada penulis, dan editor JAFIN akan melakukan tindakan berikut:
1. Hasil pemeriksaan kesamaan lebih dari 40%: Naskah akan ditolak (karena kutipan yang buruk dan/atau parafrase yang buruk, naskah ditolak mentah-mentah, NO RESUBMISSION diterima).
2. Hasil pemeriksaan kesamaan sekitar 15-40%: Naskah akan dikirim ke penulis untuk diubah (berikan kutipan yang benar ke semua tempat kesamaan dan lakukan parafrase yang baik bahkan jika kutipan disediakan).
3. Hasil pemeriksaan kesamaan lebih rendah dari 15%: Akan dilanjutkan ke tinjauan substantif atau perbaikan kutipan mungkin diperlukan (kutipan yang tepat harus diberikan untuk semua teks yang dialihdayakan).
Dalam kasus 2 dan 3: Penulis harus merevisi artikel dengan hati-hati, menambahkan kutipan yang diperlukan, melakukan parafrase yang baik untuk teks yang dialihdayakan, dan kemudian mengirimkan kembali manuskrip dengan laporan Turnitin baru yang menunjukkan TANPA PLAGIARISME dan kesamaan harus lebih rendah dari 15%.

 

Reviewer Acknowledgement

Puji Harto, S.E., M.Si, Ph.D, (Scopus ID:57195942060), Universitas Diponegoro, Indonesia
Khanifah,SE.,M.Si,Akt,CA, (Scopus ID:57210973325), Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
Dr.Norhadi, SE, M.Si,Akt,CA, (Scopus ID: 57211788873), Institut Agama Islam Kudus,Indonesia
Ratih Pratiwi,S.Pd,M.Si,MM, (Scopus ID: 57402876300), Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
Suhita Whini Setyahuni,SE.,M.Ak, (Scopus ID:57218584921), Universitas Dian Nuswantoro,Indonesia
Prof.Dr.H.Abdurrohman Kasdi,Lc.,M.Si, (Scopus ID: 57204955419), Institut Agama Islam Kudus,Indonesia
Dr.Grace Tianna Solovida,SE.,M.Si,Ak,CA, (Scopus ID: 57196442327), STIE Bank BPD Jateng, Indonesia
Melati Oktafiyani,SE.,M.Si, (Scopus ID: 57210703956), Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia
Metta Kusumaningtyas, SE., MSi., Ak., CA, (Scopus ID: 57211391207), STIE Bank BPD Jateng, Indonesia

 

Association