Analisa Perkembangan Jumlah Outlet Kantor Cabang dan Kebutuhan Frontliners di Era Digital Banking (Studi kasus di Bank Syariah Anak Perusahaan dan UUS Bank BUMN di Yogyakarta)

Nur Ellyanawati ER

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perkembangan jumlah outlet kantor cabang dan kebutuhan frontliners di Era Digital Banking(studi kasus di Bank Syariah Anak Perusahaan dan Unit Usaha Syariah Bank BUMN di Yogyakarta). Hasil penelitian menunjukkan selama tahun 2015 sampai tahun 2018 jumlah outlet Kantor bank syariah di Yogyakarta dan jumlah teller tidak menunjukkan perkembangan tetapi juga tidak ada pengurangan. Sedangkan customer service ada penambahan karena jumlah tenaga marketing bank yang bertambah. Kebutuhan industri perbankan untuk saat ini adalah tenaga pemasar, sedangkan frontliners selama 3 tahun belum ada penambahan kebutuhan tenaga kerja. Sehingga bagi dunia pendidikan bisa menyesuaikan kurikulum pendidikannya agar dapat menyesuaikan kebutuhan industri.

 

Kata kunciDigital Banking, Bank Syariah, Kantor Cabang Bank, Frontliners.


Abstract

 

The research aims to analyze the development of branch offices and the need of frontliner in the digital banking era (case study in subsidiary Syariah Bank and Businees Unit of Syariah Bank in Yogyakarta). The result of the research shows during the research the number of syariah bank outlets reaches the same. The research mentions a need for the position of customer service increases as it is in line with the increasing number of marketing staffs. Frontliner’s position still remains the same. Suggestion for those dealing with education field is to adjust its curriculum in order to balance with the need for industry.

 

Key Words: Digital Banking, Bank Syariah, Branch Banking, Frontliners.


Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Antonio,Muhammad Syafii, 2001, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik, Jakarta,

Gema Insani.

Departemen Pendidikan Nasional, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta,

Balai Pustaka.

Happy Fajrian, 2018, Transformasi Perbankan Menuju Layanan Robotik, Majalah

Infobank, Jakarta

Https://sikapiuangmu.ojk.go.id/layanan digital banking, Dikutip pada 20 Juni 2018

Kasmir, 2013, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta, Raja Grafindo

Persada.

Krisna Wijaya, 2018, Digital Banking, Majalah Infobank, Jakarta

Moenir, H.A.S.2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta,

PTBumi Aksara.

Otoritas Jasa Keuangan, 2016, Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh

Bank Umum, Jakarta.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta,

Bandung.

Totok Budisantoso & Sigit Triandaru, 2011, Bank dan Lembaga Keuangan Lain,

Edisi 3, Jakarta, Salemba Empat.

Wirjoatmodjo, Kartika, 2018,Transformasi Digital Suatu Keniscayaan, Majalah

Infobank, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/iq.v5i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL IQTISAD: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia is Indexed By :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle Scholar Google Scholar Google Scholar

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My StatsView My Stats
View My Stats