PERBANDINGAN GUAR GUM DAN HIDROKSIPROPIL METIL SELULOSA SEBAGAI GELLING AGENT TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK SEDIAAN MASKER PEEL OFF EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium polyanthum)

Sisca Devi, Widiyana Widiyana

Abstract


Radikal bebas bersifat reaktif dan tidak stabil sehingga dapat menyebabkan penuaan dini. Radikal bebas dapat diatasi dengan senyawa antioksidan. Daun salam (Syzyum polyanthum) mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan. Sediaan kosmetik yang cocok untuk penghantaran efek antioksidan adalah masker peel off. Salah satu bahan dalam formulasi masker peel off adalah gelling agent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristik fisik gelling agent guar gum dan hidroksipropil metil selulosa pada sediaan masker peel off ekstrak daun salam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan 2 jenis gelling agent yang berbeda pada 2 formula yaitu semi sintetik (HPMC K100M) dan gom alam (guar gum). Formula masker peel off dievaluasi karakteristik fisik meliputi organoleptis, pH sediaan, homogenitas, daya lekat, daya sebar, waktu mengering, dan viskositas. Hasil pengujian dianalisis dengan membandingkan hasil karakteristik fisik masing-masing formula menggunakan uji t dan uji Mann Whitney dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil uji karakteristik fisik masker peel off ekstrak daun salam menunjukkan terdapat perbedaan bermaknapada  uji daya lekat dan waktu mengering.

Kata kunci: ekstrak daun salam (nama latin), guar gum, hidroksi metil selulosa, masker peel off


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31942/ce.v7i1.6548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CENDEKIA EKSAKTA IS INDEXED BY :

Google ScholarSinta Garuda Dikti
 

Alamat kami di :

LP2M Universitas Wahid Hasyim
JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: lp2m@unwahas.ac.id

View My Stats