KONTRIBUSI PENGGEMUKAN TERNAK KAMBING TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI (Studi Kasus Di Kecamatan Demak Kabupaten Demak)

Akhmad Utomo, Dewi Hastuti, Rossi Prabowo

Abstract


Kecamatan Demak memiliki potensi ternak kambing ke tiga di Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usaha penggemukan ternak kambing, faktor-faktor yang mempengaruhinya dan prosentase kontribusi terhadap pendapatan total rumah tangga petani. Metode penelitian dilakukan dengan cara survei dan wawancara langsung untuk mengumpulkan data primer dari responden dan data sekunder dari dinas terkait. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu mengambil 10 desa yang memiliki petani dengan usaha sampingan penggemukan kambing. Sampel petani setiap desa diambil dengan menggunakan metode Insidental sampling. Jumlah responden sebanyak 50 orang. Analisis data menggunakan deskriptif analitis, Analisis biaya, Penerimaan dan Pendapatan, Rumus Kontribusi serta Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dan pembahasan menunjukkan rata-rata jumlah kepemilikan ternak sebanyak 9 ekor kambingpetani dengan biaya yang dikeluarkan Rp. 7.896.000 per 6 bulan dan rata-rata penerimaan Rp. 18.408.000, sedangkan rata-rata pendapatan sebesar Rp. 8.565.000 atau memberikan keuntungan per satu ekor kambing sebsar Rp. 886.500. Berdasarkan uji F  menunjukan variabel luas kandang, umur peternak, pengalaman berternak, jumlah ternak dan pakan ternak secara bersama sama berpengaruh sangat nyata terhadap pendapatan usaha penggemukan ternak kambing. Sedangkan hasil uji t menunjukkan variabel umur peternak berpengaruh tidak nyata. Rata-rata kontribusi dari pendapatan usaha penggemukan ternak kambing terhadap pendapatan total rumah tangga petani sebesar 19%, sehingga usaha ternak kambing hanya merupakan pendukung terhadap komoditas pertanian dan bisa digolongkan sebagai usaha yang bersifat sambilan karena kontribusinya kurang dari 30%.

 

Kata kunci : Demak, Kambing, Pendapatan, Kontribusi, Regresi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ABDIMAS IS INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google Scholar
 

Alamat kami di :

LP2M Universitas Wahid Hasyim
JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: lp2m@unwahas.ac.id