Insentif Pajak dalam Memoderasi Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak
Abstract
Observasi ini memiliki maksud supaya dapat mengetahui, menguji, dan menganalisis pengaruh pengungkapan CSR terhadap agresivitas pajak dengan insentif pajak sebagai pemoderasi. Populasi yang terdapat dalam observasi ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kurun waktu 2017-2019. Dari 64 perusahaan industri barang yang dapat dikonsumsi sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, namun yang memenuhi kriteria sampel observasi yang ditetapkan hanya ada 34 perusahaan. Teknik dalam mengambil data pada observasi ini memakai teknik purposive sampling. Analisa data dilaksanakan dengan memakai analisis regresi linier berganda dengan memakai aplikasi SPSS Versi 21. Dari hasil observasi membuktikan pengungkapan CSR terdapat pengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak (ETR) dan insentif pajak (TI) dapat memoderasi hubungan CSR terhadap agresivitas pajak.
Kata kunci: tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), agresivitas pajak, insentif pajak.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31942/akses.v17i1.6511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Alamat kami di :
Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim
ISSN: 1907-4433
e-ISSN: 2613-9170
AKSES Visitor Statistics