PEMBERDAYAAN ANAK-ANAK DI KELURAHAN OENESU DALAM BIDANG LITERASI

Yoseph Mariano Meme, Filbrino Acuan Beda, Theofilus Woi, Agustina Melyanti Dolu, Benyamin Yusuf Tae, Bernadeta Apriliani Tanggur, Bernadeta H. Palma Unggas, Lyra Ruchiyat Permata, Mikhael A. Roncalli Kloa, Natalia Christin Hari, Sandro Mario Agun, Viany Cecilia Pah, Elfandi Jodison Bani, Fransiskus H. Kaki Doy, Josep Rinaldo Nahak, Alfry Aristo J. Sinlae

Abstract


Kegiatan literasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi di sekolah yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah agar peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat. Lembaga pendidikan yang adalah wadah bersatunya dan berputarnya ilmu pengetahuan di mana peradaban literasi dimulai. Dengan demikian lembaga pendidikan menjadi pilar utama sebagai naungan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan, dan kemampuan intelektual mereka. Kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandira adalah salah satu bentuk kegiatan pemberdayaan anak-anak dalam bidang literasi, sehingga melalui kegiatan ini, anak-anak dipacu untuk memiliki semangat belajar yang tinggi. Di tengah situasi pandemi covid-19 tentu waktu belajar efektif di sekolah dikurangi. Dengan adanya kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan di rumah tersebut menjadi penyambung atau jembatan bagi anak-anak yang mengalami kekurangan waktu belajar dan kekerdilan kemampuan intelektual.

Kata kunci: belajar, bimbingan, literasi, pandemi, pendidikan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31942/abd.v7i2.7503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.