WORKSHOP PEMBUATAN APLIKASI INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU IPA LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF KUDUS

F. Shoufika Hilyana

Abstract


Dunia pendidikan harus melakukan modernisasi dengan melakukan inovasi-inovasi yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan. Pengembangan informasi masyarakat dan penyebaran luas Information and Communication Technology (ICT) menimbulkan peluang baru untuk belajar dan memperoleh keterampilan digital baru dan kompetensi yang diperlukan untuk pekerjaan, pendidikan dan pelatihan, pengembangan diri dan partisipasi dalam masyarakat. Dengan memanfaatan teknologi ICT diharapkan guru dapat menjadikan aplikasi ICT yang dapat diakses secara mudah dan efektif sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan penguasaan pedagogis sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik profesional. Program pengabdian bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru tentang aplikasi ICT (Information and Communication Technology) dalam pembelajaran yang dapat diakses secara online, dilakukan simulasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi ICT yang dapat diakses secara online baik melalui perangkat komputer maupun perangkat bergerak. Penggunaan teknologi menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, aktif, dan kreatif. Tujuannya untuk mendorong penyelenggaraan pembelajaran yang efektif seperti yang tercantum di dalam isi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Luaran dari kegiatan ini adalah pembuatan aplikasi ICT dalam pembelajaran, dilakukan simulasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi ICT.

Kata kunci: ICT, Pembelajaran, Pendidik profesional.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31942/abd.v5i1.3337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDIMAS UNWAHAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.