OPTIMALISASI PENINGKATAN PRODUKSI SABUN CAIR MALALUI PERBAIKAN KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN

Dian Indriana Hapsari, Yulianto Yulianto, Supriyono Supriyono

Abstract


Wirausaha sama dengan wiraswasta yaitu orang yg  pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur  permodalan operasinya. Mitra dalam kegiatan ini adalah UKM “WARIS’AN” yang bergerak pada bidang pembuatan sabun cair terutama adalah sabun cuci piring. Mengingat persaingan yang cukup berat dari merk-merk yang sudah terkenal di pasaran, bahkan dari merk-merk tersebut menjaring marketing dari kalangan masyarakat sendiri dan menjual dengan harga yang murah. UKM “WARIS’AN” sudah berjalan selama 2 tahun dalam memproduksi sabun cair, akan tetapi terhambat karena persaingan dari merk sabun lainnya yang membuatnya kurang diminati dipasaran. Dari segi kualitas produk usaha sabun cair ini juga masih memiliki kendala yang mana ketika sabun ini dicampur dengan air menjadi kurang berbusa. Metode yang diberikan adalah memberikan pelatihan pembuatan sabun dengan bahan baku yang lebih tepat serta bagaimana proses pemasaran yang sesuai. Hasil dari kegiatan ini disambut baik oleh mitra maupun masyarakat sekitar yang ditunjukkan dengan adanya kualitas produk yang lebih baik.

 

  Kata Kunci : Sabun Cair, UKM, Wirausaha

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31942/abd.v3i2.2504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ABDIMAS UNWAHAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.