MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA GLOBALISASI MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DIGITAL

Authors

  • Anis Budiriyanto Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM)
  • Sudarmadi Putra Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM)

Abstract

In the era of Globalization, Arabic Language Learning has its challenges in learning by adjusting to global flows, namely learning that utilizes information technology as the primary source and media. The purpose of the study in this article is to find out the model of learning Arabic through a digital communicative approach. The method used in this study is library research. The results of the study showed that in the era of globalization, the Arabic learning model through a digital communicative approach with learning strategies for discussion, question and answer, problem-solving, writing reports, exchanging messages and writing online.

Kata kunci: Arabic language learning, Globalization Era, Digital communicative approach.

                                                       Abstrak

Era Globalisasi, Pembelajaran Bahasa Arab memiliki tantangan tersendiri dalam pembelajarannya dengan menyesuaikan arus global, yaitu pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber dan media utama. Tujuan kajian dalam artikel ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan komunikatif digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Hasil kajian yang diperoleh bahwa di era globalisasi model pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan komunikatif digital dengan strategi pembelajaran diskusi, tanya jawab, penyelesaian masalah, menulis laporan, bertukar pesan dan menulis online.

Kata kunci: Pembelajaran bahasa Arab, Era Globalisasi, Pendekatan komunikatif digital.

Downloads

Published

2024-02-03

Issue

Section

Articles