PERAN MAJELIS SHOLAWAT WAHIDIYYAH SEBAGAI INSTRUMEN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI DI PONDOK PESANTREN KEDUNGLO KOTA KEDIRI)

Endah Setyowati

Abstract


ABSTRACT This research is a field research with a qualitative-descriptive research method. The approach in this study uses a phenomenological approach. Collecting data in this study using methods: in-depth interviews, observation, and documentation. The results showed that: First, the concept of character education according to Sholawat Wahidiyah. Sholawat Wahidiyah is the hallmark of Pondok Pesantren Kedunglo in shaping the character of its students because in practicing Sholawat Wahidiyah it is not only a text but is accompanied by teachings and manners of how to practice it. Second, the implementation of Sholawat Wahidiyah in building Character Education is the reading of Mujahadah Shalawat Wahidiyah in developing the values of character education which is the tradition of the Kedunglo Islamic Boarding School before starting the activity. In implementing this mujahadah requires that students be truly educated to develop their personality in totality including moral, moral education through training and habituation as a development as well as intellectual, emotional and social attitudes which become routine practice of Sholawat Wahidiyah which can influence and influence students' morals and character. The third contribution of Sholawat Wahidiyah as a character building instrument at the Kedunglo Islamic Boarding School in Kediri City is to clear the heart and give awareness of the heart to return to the way of Allah SWT through reading Sholawat Wahidiyah, the hearts of every creature will feel guided to get closer to Allah SWT, improve their lives by carry out the obligatory worship that He commands. This can be seen from the Santri who were moved to worship Allah SWT. Keywords: Role, Sholawat Wahidiyah, Character Education Instruments. ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatifdeskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Konsep Pendidikan Karakter menurut Sholawat Wahidiyah. Sholawat Wahidiyah menjadi ciri khas Pondok Pesantren Kedunglo dalam membentuk karakter para santrinya.Karena dalam pengamalan Sholawat Wahidiyah bukan hanya teks namun disertai dengan ajaran dan adab-adab cara pengamalannya. Kedua Implementasi Sholawat Wahidiyah dalam membangun Pendidikan Karakter adanya pengamalan Mujahadah Sholawat Wahidiyah dalam mengembangkan nilai-nilai Pendidikan karakter yang menjadi tradisi Pondok Pesantren Kedunglo sebelum memulai kegiatan. Dalam pelaksanaam mujahadah ini menghendaki agar santri benar-benar dididik untuk mengembangkan kepribadiannya secara totalitas meliputi pendidikan akhlak, moral melalui pelatihan dan pembiasaan sebagai pengembangan juga terhadap aspek intelektual, emosional serta sikap sosial menjadi rutinitas pengamalan Sholawat Wahidiyah yang dapat berpengaruh dan mempengaruhi akhlak dan karakter siswa. Ketiga Kontribusi Sholawat Wahidiyah sebagai instrumen pembangunan Karakter di Pondok Pesantren Kedunglo Kota Kediri adalah untuk menjernihkan hati dan memberi kesadaran hati untuk kembali ke jalan Allah SWT melalui bacaan Sholawat Wahidiyah, hati setiap makhluk akan merasa dibimbing untuk hal mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbaiki hidupnya dengan melaksanakan ibadah wajib yang perintahNya. Ini dapat dilihat dari para Santri yang tergerak hatinya untuk beribadah kepada Allah SWT. Kata Kunci: Peran, Sholawat Wahidiyah, Instrumen Pendidikan Karakter

Full Text:

Download disini

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TASAMUH