ETIKA RELIGIUS ULAMA NUSANTARA SYEKH YUSUF AL-MAKASSARI YANG DIKENAL SEBAGAI BAPAK ISLAM DI AFRIKA SELATAN

Mila Zakia

Abstract


ABSTRAK
Syekh Yusuf merupakan seorang ulama nusantara, tokoh tasawuf yang mendunia. Beliau dikenal sebagai pahlawan Nasional bahkan seorang pahlawan internasional. Hampir separuh hidupnya dihabiskan untuk menimba ilmu pengetahuan di dalam maupun luar negeri baik di bidang politik dan pengetahuan agama. Berkat pemikirannya sehingga menjadi inspirator bagi Neslon Mandela dan masyarakat Afrika Selatan dalam melawan penjajahan Apartheid. Keistimewaan Syekh Yusuf al-Makassari tidak hanya diakui di Indonesia sebagai pejuang dan ulama kharismatik, akan tetapi ia juga memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai negara Islam, khususnya di Cape Town Afrika Selatan. Atas keberaniannya tersebut, sebuah penghargaan diberikan kepadanya dari Presiden Afrika Selatan sehingga disebut sebagai Bapak Islam.

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mudzakkiar, dan Syaifuddin, Muh, Ketokohan Ibn Miskawaih Dalam Bidang Pendidikan Karakter, PROGRESS – Volume 8, No. 2, Desember 2020.

Indrajaya, Dimas Wahyu. Syekh Yusuf al-Makassari, Pejuang Nusantara yang Jadi Tokoh Besar di Afrika Selatan, 2020. tersedia di: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/11/01/syekh-yusuf-al-makassari-pejuang-nusantara-yang-jadi-tokoh-besar-di-afrika-selatan.

Mustafa, Mustari. AGAMA DAN BAYANG-BAYANG ETIS Syekh Yusuf Al-Makassari. Yogyakarta: Lkis, 2011.

Rahmatiah, St. GERAKAN DAKWAH SYEKH YUSUF AL-MAKASSARI. Sulesana Volume 13 Nomor 1 Tahun 2019.

Lutfi. PEMIKIRAN SUFISME SYEKH YUSUSF AL-MAKASSARI DALAM KARYA-KARYANYA. Seminar Nasional Riset Inovatif II Tahun 2014.

Munawir Aziz, Sufisme Syekh Yusuf al-Makassari, 2016. tersedia di: https://www.nu.or.id/post/read/68823/sufisme-syekh-yusuf-al-makassari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TASAMUH