Main Article Content

Abstract

Edukasi Sosial pencegahan stigma ODHA pada siswa SMA membantu mengurangi diskriminasi di sekolah dan masyarakat melalui informasi yang terstruktur dan berbasis bukti Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pendidikan sosial dapat memberdayakan siswa SMA di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, untuk lebih memahami dan memerangi stigma seputar orang yang hidup dengan HIV/AIDS.Desain penelitian yang digunakan yaitu cross-sectional. Sampel yang didapatkan sebanyak 100 responden dari siswa-siswi yang berada di 4 SMA di Kecamatan Pedurungan Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling dan pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada responden. Variabel yang diteliti yaitu jenis kelamin, pengetahuan, keterpaparan sumber informasi HIV dan AIDS, sikap teman sebaya dan stigma terhadap ODHA. hasil data dari penelitian ini diolah menggunakan SPSS dengan uji univariat dan bivariat. Tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan stigma terhadap ODHA (p-value =0,143), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan stigma terhadap ODHA (p-value =0,963), tidak terdapat hubungan antara keterpaparan sumber informasi dengan stigma terhadap ODHA (p-value=0,161), dan tidak terdapat hubungan antara sikap teman sebaya dengan stigma terhadap ODHA (p-value=0,206). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada variable yang memiliki hubungan yang signifikan dengan stigma terhadap ODHA pada siswa-siswi SMA di wilayah Kecamatan Pedurungan Semarang serta sebagian besar responden memiliki stigma terhadap ODHA yang rendah (70%).

Article Details