Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan efektivitas program layanan Perpustakaan Daerah Sidoarjo dalam penyelenggaraan literasi masyarakat. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program tersebut efektif berdasarkan lima indikator Campbell (1989:121), yaitu: 1) Keberhasilan program, terlihat dari tercapainya target jumlah pengunjung dan terwujudnya budaya membaca di masyarakat. 2) Keberhasilan sasaran, keberhasilan pencapaian melalui inovasi perpustakaan keliling, sehingga layanan literasi sampai ke daerah yang sulit dijangkau. 3) Kepuasan terhadap program, tingkat kepuasan pengguna tergolong tinggi, meskipun terdapat kendala teknis pada aplikasi SIDIRA yang sedang dalam perbaikan. 4) Tingkat input dan output, menunjukkan optimalisasi SDM dan peningkatan partisipasi masyarakat. 5) Pencapaian tujuan menyeluruh, perpustakaan berhasil menjadi pusat informasi, pendidikan, dan penggerak literasi melalui inovasi seperti Wisata Literasi Virtual Reality ramah difabel dan perluasan jangkauan layanan.
Kata Kunci: Efektivitas, Program Layanan Perpustakaan, Literasi Masyarakat, Perpustakaan Daerah Sidoarjo.