Pengaruh Kampanye Pemasaran Sosial Stand Up terhadap Niat Perubahan Perilaku dengan Variabel Moderasi Literasi Digital

Charlotte M A U Kesaulya, Bertha Yunita Permatasari

Abstract


Pelecehan seksual di ruang publik merupakan salah satu isu terpenting yang dihadapi perempuan di seluruh dunia, dan di Indonesia. Guna menanggapi isu pelecehan seksual di ruang publik, L’Oreal melakukan kerjasama dengan beberapa instansi, yaitu, PT JakLingko Indonesia, PT KAI (Persero), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), PT LRT Jakarta, PT MRT Jakarta, dan PT Transjakarta untuk memberikan pembekalan efektif kepada masyarakat sebagai usaha untuk melawan pelecehan seksual di ruang publik melalui kampanye pemasaran sosial Stand Up. Kampanye ini membekali masyarakat dengan strategi intervensi 5D guna melawan pelecehan seksual. Niat masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan kampanye pemasaran sosial Stand Up. Penelitian ini menekankan kampanye pemasaran sosial sebagai faktor yang mempengaruhi niat perubahan perilaku masyarakat dan menggunakan literasi digital sebagai variabel moderasi. Literasi digital digunakan sebagai variabel moderasi untuk memahami sejauh mana kemampuan dan pemahaman teknologi masyarakat mempengaruhi efektivitas kampanye pemasaran sosial Stand Up dalam merubah perilaku masyarakat. Data dikumpulkan melalui survei online dengan 100 responden yang merupakan pengguna transportasi umum di Jakarta. Analisis dilakukan menggunakan metode Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye pemasaran sosial Stand Up secara signifikan mempengaruhi niat perubahan perilaku masyarakat (R² = 76,1%). Selain itu, literasi digital terbukti menjadi variabel moderasi yang memperkuat hubungan tersebut, meningkatkan kontribusi hingga 79,1%. Temuan ini mengindikasikan bahwa literasi digital masyarakat memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran sosial.



Keywords


Kampanye Pemasaran Sosial; Literasi Digital; Niat Perubahan Perilaku; Pelecehan Seksual di Ruang Publik

Full Text:

PDF

References


dari 10 Perempuan Pernah Alami Pelecehan Seksual, diakses pada 21 Mei 2024 pukul 21.11 dari https://kumparan.com/kumparanwoman/8-dari-10-perempuan-pernah-alami-pelecehan-seksual-apa-yang-bisa-kita-lakukan-1vYaR8h7Vjx

Ajzen, I., Consumer Attitudes and Behavior: “The Theory of Planned Behavior Applied to Food Consumption Decisions”. Rivista di Economia Agraria, 70 (2): 121-138, 2015.

Ghozali, Imam., Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.

Aprilia, D., Sari, N., Berlianantiya, M, Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Belanja Online pada Generasi Z di Universitas PGRI Madiun. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 10(2): 179-184, 2022.

Indriantoro, N., & Supomo, B., Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (1st ed). Yogyakarta: BPFE, 2016

Kountur, R., Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Penerbit PPM, 2018.

Lee, N R., Kotler, P., Social marketing: Changing behaviors for good. Los Angeles: SAGE, 2016.

L'Oréal Paris dan JakLingko Indonesia Sosialisasikan Metodologi Intervensi 5D untuk Melawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik, diakses pada 10 Mei 2024 pukul 16.11 dari https://www.loreal.com/id-id/indonesia/news/berita/stand-up/

Masnah, Kulsum, N. M., Komunikasi Pemasaran Sosial Dalam Merubah Perilaku Masyarakat Menyikapi Penyakit Langganan Pada Anak. Jurnal Ilmu dan Budaya, 39 (45): 5284-5303, 2015.

Menteri PPPA Sebut 23 Persen Pelecehan Seksual Terjadi di Transportasi Umum, diakses pada 13 Mei 2024 pukul 08.10 dari https://www.detik.com/bali/berita/d-7077512/menteri-pppa-sebut-23-persen-pelecehan-seksual-terjadi-di-transportasi-umum

Pengguna Transportasi Umum di Jakarta Masih Rendah, Angkanya Cuma 21,7%, diakses pada 22 Mei 2024 pukul 00.59 dari https://kumparan.com/kumparannews/pengguna-transportasi-umum-di-jakarta-masih-rendah-angkanya-cuma-21-7-210wwcEU4iT/2

Rabathy, Q., & Komala, E, Pelecehan Seksual di Ruang Publik. ArtComm - Jurnal Komunikasi dan Desain, 01 (02): 56-65, 2018.

Stop Street Harassment Diakses pada 10 Mei 2024 pukul 08.28 dari https://stopstreetharassment.org/

Tjahyadi, R. A., Magdalena, N., & Vina, L, Pengaruh Kampanye Pemasaran Sosial pada Niat Perubahan Perilaku Masyarakat: Demografi sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) 04 (02): 390−396, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/sd.v9i2.12400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SOSIO DIALEKTIKA : JURNAL ILMU SOSIAL HUMANIORA IS INDEXED BY :

Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar
Google Scholar
 

Alamat kami di :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Wahid Hasyim
JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50236, Indonesia
Handphone: +6282325609636 (Anna Yulia Hartati, S.IP., MA.) / +6287722594299 (ari)
Email: sosiodialektika@unwahas.ac.id

View My Stats