Main Article Content
Abstract
Pelecehan seksual di ruang publik merupakan salah satu isu terpenting yang dihadapi perempuan di seluruh dunia, dan di Indonesia. L'Oréal merupakan salah satu merek kosmetik yang terkemuka di dunia. Guna menanggapi isu pelecehan seksual di ruang publik, L’Oreal melakukan kerjasama dengan beberapa instansi, yaitu, PT JakLingko Indonesia, PT KAI (Persero), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), PT LRT Jakarta, PT MRT Jakarta, dan PT Transjakarta untuk memberikan pembekalan efektif kepada masyarakat sebagai usaha untuk melawan pelecehan seksual di ruang publik melalui kampanye pemasaran sosial Stand Up. Niat masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan kampanye pemasaran sosial Stand Up. Penelitian ini menekankan kampanye pemasaran sosial sebagai faktor yang mempengaruhi niat perubahan perilaku masyarakat. Peneliti menggunakan literasi digital sebagai variabel moderasi. Dengan menggunakan literasi digital sebagai variabel moderasi diharapkan dapat memahami sejauh mana kemampuan dan pemahaman teknologi masyarakat mempengaruhi efektivitas kampanye pemasaran sosial Stand Up dalam merubah perilaku masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Moderated Regression Analysis dengan Kampanye Pemasaran Sosial sebagai variabel independen, Niat Perubahan Perilaku Masyarakat sebagai variabel dependen, dan Literasi Digital sebagai variabel moderasi.
Keywords
Article Details
References
- Ajzen, I., Consumer Attitudes and Behavior: “The Theory of Planned Behavior Applied to Food Consumption Decisionsâ€. Rivista di Economia Agraria, 70 (2): 121-138, 2015.
- Ghozali, Imam., Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
- Aprilia, D., Sari, N., Berlianantiya, M, Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Belanja Online pada Generasi Z di Universitas PGRI Madiun. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 10(2): 179-184, 2022.
- Indriantoro, N., & Supomo, B., Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (1st ed). Yogyakarta: BPFE, 2016
- Kountur, R., Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Penerbit PPM, 2018.
- Lee, N R., Kotler, P., Social marketing: Changing behaviors for good. Los Angeles: SAGE, 2016.
- Masnah, Kulsum, N. M., Komunikasi Pemasaran Sosial Dalam Merubah Perilaku Masyarakat Menyikapi Penyakit Langganan Pada Anak. Jurnal Ilmu dan Budaya, 39 (45): 5284-5303, 2015.
- Rabathy, Q., & Komala, E, Pelecehan Seksual di Ruang Publik. ArtComm - Jurnal Komunikasi dan Desain, 01 (02): 56-65, 2018.
- Tjahyadi, R. A., Magdalena, N., & Vina, L, Pengaruh Kampanye Pemasaran Sosial pada Niat Perubahan Perilaku Masyarakat: Demografi sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) 04 (02): 390−396, 2022.
References
Ajzen, I., Consumer Attitudes and Behavior: “The Theory of Planned Behavior Applied to Food Consumption Decisionsâ€. Rivista di Economia Agraria, 70 (2): 121-138, 2015.
Ghozali, Imam., Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
Aprilia, D., Sari, N., Berlianantiya, M, Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Belanja Online pada Generasi Z di Universitas PGRI Madiun. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 10(2): 179-184, 2022.
Indriantoro, N., & Supomo, B., Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (1st ed). Yogyakarta: BPFE, 2016
Kountur, R., Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Penerbit PPM, 2018.
Lee, N R., Kotler, P., Social marketing: Changing behaviors for good. Los Angeles: SAGE, 2016.
Masnah, Kulsum, N. M., Komunikasi Pemasaran Sosial Dalam Merubah Perilaku Masyarakat Menyikapi Penyakit Langganan Pada Anak. Jurnal Ilmu dan Budaya, 39 (45): 5284-5303, 2015.
Rabathy, Q., & Komala, E, Pelecehan Seksual di Ruang Publik. ArtComm - Jurnal Komunikasi dan Desain, 01 (02): 56-65, 2018.
Tjahyadi, R. A., Magdalena, N., & Vina, L, Pengaruh Kampanye Pemasaran Sosial pada Niat Perubahan Perilaku Masyarakat: Demografi sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) 04 (02): 390−396, 2022.