TEKNOLOGI AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: TINJAUAN LITERATUR

Muhammad Rasyid Baihaki, M Javier Rasyadi, Muhammad Hafiz, Fajar Juliyanto, Fayruz Rahma

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan dalam proses belajar. Secara umum, buku masih menjadi media pembelajaran yang dominan. Namun, penggunaan buku sebagai satu-satunya media pembelajaran dapat membuat pembelajaran menjadi monoton dan kurang interaktif. Berdasarkan penelitian, penggunaan media teknologi dalam pembelajaran memiliki efek positif. Salah satu teknologi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah Augmented Reality (AR). Tulisan ini melakukan kajian literatur yang berkaitan dengan penerapan AR sebagai media pembelajaran, dengan mengambil contoh dari beberapa subjek mata pelajaran seperti sistem saraf, sistem gerak pada manusia, bahasa Arab, sejarah, senyawa kimia, fisika, serta komputer dan jaringan. Tujuan dari kajian literatur ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas penggunaan AR sebagai media pembelajaran.

Keywords


augmented reality, media pembelajaran, tinjauan literatur

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.