PENERAPAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE DALAM PEMBUATAN APLIKASI WISATA BERBASIS MOBILE

Masriah -, Wahyu Tisno Atmojo, Afifah Trista Ayunda

Abstract


Masyarakat umum yang akan melakukan perjalanan wisata saat ini dapat mencari informasi tempat wisata melalui internet, namun hal tersebut dirasa masih belum menyelesaikan permasalahan wisatawan yang kesulitan untuk mencari informasi destinasi wisata ketika tidak memiliki akses internet. Oleh karena itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat menampilkan informasi terkait dengan destinasi wisata berbasis mobile. Aplikasi berbasis mobile dapat diakses dengan sangat mudah bahkan beberapa fitur tidak memerlukan akses internet. Untuk itu, adanya penelitian ini diharapkan mampu untuk menyelesaikan permasalahan akses informasi destinasi wisata oleh wisatawan ketika kesulitan untuk mendapatkan akses internet. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Hasil dari pengujian aplikasi dengan menyebarkan kuesioner kepada 15 responden dengan jumlah pertanyaan sebanyak 5 pertanyaan untuk mengetahui kualitas tampilan, untuk mengetahui kemudahan penggunaan aplikasi, untuk mengetahui apakah aplikasi ini berguna atau tidak serta untuk mengukur tingkat kepuasan responden. Hasil pengolahan kuesioner dari 5 pertanyaan tersebut didapatkan persentase sebesar 73 % yang jika dikonversikan akan dihasilkan tingkat kepuasan responden yaitu “Baik”. Dari hasil kuesioner tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini cukup berguna bagi wisatawan dan layak untuk diimplementasikan dengan beberapa hal yang perlu ditingkatkan.


Keywords


Aplikasi; Destinasi Wisata; Informasi; Multimedia Development Life Cycle; Sulawesi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.