PENGUKURAN BULLWHIP EFFECT DENGAN MODEL AUTOREGRESSIVE

Authors

  • Tita Talitha Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro Jalan Nakula I No. 5-11 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.315

Abstract

Kurangnya informasi dapat menimbulkan distorsi informasi dimana salah satu akibatnya adalah variansi permintaan yang terjadi pada saluran supply chain. Bahkan variabilitas tersebut cenderung meningkat dari arah hilir ke hulu yang dinamakan fenomena bullwhip effect. Salah satu permasalahan dalam supply chain management yaitu bagaimana mengurangi pengaruh dari bullwhip effect tersebut. Dalam penelitian ini, pengukuran bullwhip effect dikembangkan dalam model autoregressive, AR(1). Hasil kuantitatif menunjukkan bahwa koefisien autoregressive dan lead time menimbulkan tumbukan yang cukup besar pada bullwhip effect. Kata Kunci : supply chain, bullwhip effect, AR(1)

Downloads

Published

2010-07-01

How to Cite

Talitha, T. (2010). PENGUKURAN BULLWHIP EFFECT DENGAN MODEL AUTOREGRESSIVE. Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.315