PEMBANGUNAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA CV. BERKAH LOGAM KOTA TEGAL

Muhamad Ali Murtadlo, Tacbir Hendro Pudjiantoro, Irma Santika Rama

Abstract


CRM (Customer Relationship Management) merupakan strategi bisnis dengan menggunakan teknologi informasi, menyediakan suatu usaha menyeluruh pada customer yang terintegrasi, untuk mempertahankan serta memperluas manfaat hubungan. CV. Berkah logam merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian alat bangunan, alat teknik dan alat kelistrikan. Perusahaan mengalami penurunan penjualan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini diketahui terdapat beberapa customer yang tidak melakukan pembelian kembali di CV. Berkah Logam. Saat ini CV. Berkah Logam masih belum memikirkan hubungan dengan customernya dilihat dari tidak memiliki segmentasi pasar, dan belum memperhatikan customer experience. Peningkatan penjualan di CV. Berkah Logam dapat tercapai dengan cara membangun hubungan baik dengan customer sehingga customer menjadi loyal dengan CV. Berkah Logam. dengan menggunakan konsep CRM (Customer Relationship Management) penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membangun CRM (Customer Relationship Management) pada CV Berkah logam Kota Tegal.

Kata kunci : Customer Relationship Management, CV. Berkah Logam.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Slot QRIS

slot deposit Qris

Slot server thailand

mallbet login

mallbet login

mallbet login

https://whiteroseshub.com/