ANALISIS SENTIMEN PADA JASA OJEK ONLINE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Didik Garbian Nugroho, Yulison Herry Chrisnanto, Agung Wahana

Abstract


Ojek online adalah sebuah terobosan baru di bidang transportasi yang semakin diminati masyarakat. Analisis sentimen pada jasa ojek online merupakan proses mengekstraksi pendapat, sentimen, evaluasi, dan emosi orang tentang pelayanan ojek online yang tertulis. Di media sosial masyarakat mengeluarkan beragam opini tentang pelayanan dari transportasi ini dengan jumlah yang banyak, sehingga terdapat kesulitan untuk menentukan opini yang bersifat positif, negatif ataupun netral. Penelitian terdahulu mengenai analisis sentimen pada Twitter menggunakan metode Naïve Bayes dengan data sebanyak 3000 data yang terdiri dari 1000 kalimat netral, 1000 kalimat positif dan 1000 kalimat negatif dengan hasil akurasi hingga 88%. Sedangkan penelitian yang akan dilakukan yaitu membuat sistem yang mampu mengklasifikasikan sentimen ke dalam sentimen positif, netral atau negatif serta menyalurkan opini tersebut ke setiap jasa yang bersangkutan dengan opini yang muncul. Hasil yang didapatkan dari akurasi naïve bayes memperoleh ketepatan 80%.

Kata kunci: Naïve Bayes, Ojek Online, Opini, Twitter


Full Text:

F27.156-161.PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

https://heatbeatmiami.com/