OPTIMALISASI AKSI NON PLAYER CHARACTER PADA GAME KARTU REMI MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

Wage Rizal Solichin, Esmeralda Contesa Djamal, Rezki Yuniarti

Abstract


Game Kartu Remi (Rummy Card Game) merupakan game yang dimainkan menggunakan 52 kartu yang terbagi atas kartu spade, heart, diamond, dan club. Jumlah penawaran yang dimainkan dalam game ini dengan target skor. Skor tiap kartu ditandai dengan jenisnya, dengan urutan tertinggi As, King, Queen, Jack, angka 10 – angka 2. Game dijalankan dengan langkah yang menghasilkan skor kartu tertinggi untuk menghasilkan kemenangan dengan kombinasi sebanyak dua kombinasi dan kartu dengan nilai tertinggi. Game dimainkan oleh 2 sampai 4 pemain dengan komputer sebagai salah satu pemain, yang disebut Non Player Character (NPC). Jumlah langkah ditentukan dengan habisnya kartu setiap kali putaran. Algoritma Genetika merupakan komputasi yang meniru evolusi di alam yang solusinya direpresentasikan dalam bentuk kromosom. Setiap langkah yang dilakukan dipilih berdasarkan kemungkinan kartu yang tersisa, yang dinyatakan dalam untaian kromosom yang terdiri dari gen-gen. Isi gen diambil dari daftar semua kemungkinan kartu, yaitu 52 jenis dengan atribut skor masing-masing. Langkah yang diambil berdasarkan solusi yang sesuai kriteria, melalui pertukaran silang dan pertukaran mutasi hingga memenuhi kriteria yang dinyatakan dalam fungsi kecocokan, sehingga kartu yang dimiliki NPC memiliki score yang optimal.

Kata kunci: Algoritma Genetika, Kartu Remi, NPC


Full Text:

F23.132-137.PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

https://heatbeatmiami.com/