PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian yang berlangsung seumur hidup baik disekolah maupun madrasah. Pendidikan juga bermakna proses membantu individu baik jasmani dan rohani kearah terbentuknya kepribadian utama pribadi yang berkualitas, dalam konteks Islam pendidikan bermakna bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi beralakunya semua ajaran Islam. Dalam kaitan ini, Peran bimbingan dan konseling Islam dalam pendidikan merupakan usaha membantu individu untuk menjadi manusia yang berkembang dalam hal pendidikan dan membentuk kepribadian yang berguna dalam kehidupannya yang memiliki berbagai wawasan, pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian dan keterampilan yang tepat berkenan dengan diri sendiri dan lingkungannya. Sehingga urgensi Bimbingan dan Konseling Islam sangat penting guna mencapai perekembangan dan keoptimalan dalam proses pendidikan.
Kata kunci: Bimbingan Konseling, Islam, dan PendidikanFull Text:
download di siniReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Shawi, Ahmad bin Muhammad al-Mali, Syarh al-Shawi `ala Auhar
al-Tauhid. Tk.
Anwar, Sutoyo. 2007. Bimbingan dan Konseling Islami. Yogy
Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
Arifin dan Thohirin. Bimbingan dan Konseling di sekolah dan Madrasah
(berbasis Itegrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aswadi, http://komunitaskalikidang.blogspot.co.id/2013/05/bimbingandan-konseling-Islami.html diakses dari google pukul 10:54.
Asy`ari, Ahm dkk. 2004. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan
Ampel, Ahmad bin Muhammad al-Mali al-Shawi, Syarh al-Shawi
`ala Auhar al-Tauhid.
Aunur, Rahim Faqih.2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam.
Jakarta: UII press.
Budiarianto, Ahmad, dalam Http://.blogspot.co.id/2011/04/makalah-bkIslam.html , diakses dari google pukul 11:11
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga
Kependidikan depaartemen Pendidikan Nasional, 2007. Ramburambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur
Pendidikan Formal. Jakarta.
Farid, Imam Sayuti.2002. Pokok-Pokok Bahasan Tentang Bimbingan
Penyuluhan Agama Sebagai Teknik Dakwah. Bandung: Alfabetha.
Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell, 2010. Bimbingan dan
Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hariyanto, Farid, 2007. Bimbingan dan Konseling di sekolah dan
Madrasah : berbasis itegrasi, Jakarta: PT Raja grafindo.
, 2007. Makalah dalam Seminar Bimbingan dan Konseling
Agama Jakarta: Admin.
, Http://belajarpsikologi.com/sejarah-lahirnya-bimbingan-dankonseling/ diakses dari google tanggal 25 Maret 2016 pada pukul
30.
Https://Konserissumbar.Wordpress.Com/2015/12/01/Tujuan-BimbinganDan-Konseling-Islami/ diakses dari google pada pukul 11:51
Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
Komalasari, Gantina dkk., 2010. Teori dan Teknik Konseling.Jakarta: PT.
Indeks.
Latipun. 2006. Psikologi Konseling, Malang: Penerbitan UMM.
Mubarok, Ahmad, 2002, Al-Irsyad an Nafsy, Konseling Agama Teori
dan Kasus. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
Prayitno dan Erman Amti, 2004. Dasar-daras Bimb ingan dan
Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.
Surya, Mohammad.2003. Psikologi konseling,. Bandung: Pustaka Bani
Quraisy.
Walgito, Bimo, Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v4i1.1731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat kami di :
PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats