UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEKNIK BERMAIN MENGGUNAKAN KARTU “BILANGAN KUBIK-AKAR PANGKAT TIGA” SISWA KELAS VI SD NEGERI 02 SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Casto Nuredi

Abstract


playing by learning bermain untuk belajar. Manusia secara kodrati dikatakan sebagai Homo luden makhluk bermain.Dan memang sehatinya kecenderungan manusia adalah untuk bermain. Kami mencoba untuk mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan cara bermain kartu playing card yaitu kartu edukatif yang didesain sebagai kartu bilangan. Permainan ini menerapkan pembelajaran konstektual sebagai bagian dari Quantum math learning (QML). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besaran peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 02 Sidomulyo, kec. Lebakbarang, Kab. Pekalongan pada kompetensi dasar akar pangkat tiga suatu bilangan kubik yang telah mendapat perlakuan pendekatan konstektual learning berorientasi Quantum Math Learning dengan teknik bermain. Skenario pembelajaran dimulai dari konteks kehidupan nyata (daily life) peserta didik yang gemar bermaian. Bermain ini digunakan sebagai sarana pembelajaran. Dengan cara bermain diketahui hasil penelitian bahwa ini dapat meningkatkan minat peserta didik Dalam pembelajaran kompetensi dasar akar pangkat tiga suatu bilangan kubik dan dari hasil tes diperoleh data bahwa nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan pada kondisi sebelum tindakan yaitu 61,1 persen menjadi 76,8 persen pada siklus I dan 86,6 persen pada siklus II. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup besar yaitu 15,8 persen pada siklus I dan 25,5 persen pada siklus II. Setelah perbaikan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 9,7 persen. Nilai tertinggi mengalami peningkatan dari 8 pada siklus I menjadi 10 pada Siklus II. Kata kunci :Pendekatan kontekstual, teknik bermain, kartu kubik, keaktifan belajar

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Unnes.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bandung: Bumi

Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara.

De Porter, Bobbi, Mark Reardon dan Sarah Singer Nourie. 2004. Quantum Teaching.

Mempraktekan Quantum Learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa PT Mizan

Pustaka.

BSNP. 2007. Standar Proses. Jakarta: BSNP.

Johson, Elaine B. 2007. Contextual teaching and Lerning.Menjadikan kegiatan Belajar Mengajar

Mengasyikkan dan Bermakna.

Nizar, Achmad. 2009. Konstribusi Matematika dalam membangun daya nalar dan komunikasi

peserta didik. Jurnal Pendidikan Inovatif. (diunduh, 5 september 2010)

Rahadi, Aristo. 2003. Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Universitas

Terbuka

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Penerbit

JICA-UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v1i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED BY :

         

 Google Scholar    

 

 

 

 


 

Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats