UPAYA MENINGKATKAN 7K DI SEKOLAH MELALUI KEGIATAN REUSE, REDUCE, DAN RECYCLE (3R) DI SMP NEGERI 1 TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Hartanto .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilandasi oleh sebuah kenyataan bahwa kebersihan di SMP Negeri 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan selama ini tidak dapat maksimal. Sampah berserakan di mana-mana. Tempat sampah yang sudah tersedia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Kamar mandi/WC siswa terlihat kotor dan bau tidak sedap. Di beberapa lokasi halaman, pekarangan, dan kebun sekolah terlihat kotor karena bekas untuk membakar sampah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) dapat meningkatkan 7K di SMP Negeri 1 Tegowanu, dan (2) seberapa besar peningkatan 7K setelah dilaksanakan program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) di SMP Negeri 1 Tegowanu. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (a) untuk memperoleh informasi yang akurat apakah melalui program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) dapat meningkatkan 7K di SMP negeri 1 Tegowanu dan (b) untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai besarnya peningkatan 7K setelah dilaksanakannya kegiatan program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) di SMP Negeri 1 Tegowanu. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Teori yang dipakai dalam penelitian ini meliputi teori-teori tentang hasil belajar, hal-hal yang mempengaruhi hasil belajar, pengertian 7K, pengertian 3R dalam pengelolaan sampah, penciptaan budaya bersih di sekolah, dan dampak lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle), 7K di SMP Negeri 1 Tegowanu meningkat.

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Alamendah. 2010. 3R (Reuse Reduce Recycle) Sampah. http://guru-indonesia.net/

forum/forum_ topik_isi-135.html. diunduh tanggal 1 Juli 2010.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Administrasi Pendidikan untuk Sekolah Menengah

Kejuruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi,Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Aqib, Zaenal. et all. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, untuk Guru SMP, SMA, SMK.

Bandung: Yrama Widya.

Aqib, Zaenal. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah, untuk Pengawas Sekolah, Kepala

Sekolah, dan Guru. Bandung: Yrama Widya.

Buku Panduan Adiwiyata, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan 2010,

Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Burhanudin. 1990. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Tarsito.

Darmawan, M. 2010. Reduce, Reuse, Recycle + Repair. http://akuinginhijau.org/

/ 08/06/ reduce-reuse-recycle-repair/. diunduh 15 Juni 2010.

Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan. 2010. Visi dan Misi Dinas Pendidikan

Kabupaten Grobogan. file:///E:/ Visi %20 Misi %20 %20 %20 Dinas

%20 Kesehatan %20 Kabupaten %20 Grobogan.htm. diunduh 15 Juni

Fasya, Helmi Farid. 2010. Sekolah Bersih, Nyaman Belajar. http://www.smakorpribekasi. sch.id/berita-127-sekolah-bersih-nyaman-belajar.html. diunduh

Juni 2010.

Moleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

*) Kepala SMP Negeri 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan kelas Itu Mudah.

Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Patton, Michael Quinn. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republoik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007

tentang Standar Penilaian.

Purwanto, M. Ngalim. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Supardi dan Suhardjono. 2009. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suryabrata, S. 1994. Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Kanisius.

Takari, R Enjah. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Ganesindo.

Yulistyowati, Wiwik Ika. 2010. Sekolah Sehat. http://www.smpn120jakarta.com/

berita/ berita-sekolah/79-sekolah-sehat. diunduh 15 Juni 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v1i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED BY :

         

 Google Scholar    

 

 

 

 


 

Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats