Pengaruh Tipe Prototype Sepeda Motor Terhadap Coefficient Drag dan Lift pada Open Circuit Wind Tunnel

Authors

  • Achmad Masum Nur Aini Universitas Ma'arif Hasyim Latif
  • Muhamad Hanifudin Universitas Jember
  • Dony Perdana Universitas Ma'arif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v20i2.11190

Keywords:

coefficient drag, coefficient lift, sepeda motor, wind tunnel

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  koefisien drag dan  lift dengan variasi kecepatan dan benda uji prototype sepeda motor. Dalam mendesain sebuah kendaraan sangat penting untuk memperhatikan sisi aerodinamika. Seiring berjalanya waktu, besarnya hambatan angin yang tercipta juga disesuaikan dengan jenis sebuah kendaraan yang dirancang. Dalam dunia desain dan produksi kendaraan saat ini terutama sepeda motor, pengujian koefisien hambatan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh industri. Penelitian ini menggunakan open circuit wind tunnel  dimana prototype  yang diuji sepeda motor  scooter, trail, dan sport ditempatkan kan di bagian  test section dengan variasi kecepatan 10 m/s, 12.5 m/s, dan 15 m/s. Hasil dari penelitian menunjukan koefisien drag dan lift dengan kecepatan 15m/s pada sepeda motor scooter dengan nilai 0.534 dan 0,586, sport 0.174 dan 0.485, dan trail 0.349 dan 0.449. Nilai koefisien drag dan lift yang tertinggi terjadi pada prototype scooter.

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Nur Aini, A. M., Hanifudin, M., & Perdana, D. (2024). Pengaruh Tipe Prototype Sepeda Motor Terhadap Coefficient Drag dan Lift pada Open Circuit Wind Tunnel. Majalah Ilmiah Momentum, 20(2), 112–116. https://doi.org/10.36499/jim.v20i2.11190