Pengaruh Tipe Prototype Sepeda Motor Terhadap Coefficient Drag dan Lift Pada Open Circuit Wind Tunnel

Achmad Ma'sum Nurul Aini, Muhamad Hanifudin, Dony Perdana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  coefisien drag dan  lift dengan variasi kecepatan dan benda uji prototype sepeda motor. Dalam mendesain sebuah kendaraan sangat penting untuk memperhatikan sisi aerodinamika. Seiring berjalanya waktu, besarnya hambatan angin yang tercipta juga disesuaikan dengan jenis sebuah kendaraan yang dirancang. Dalan dunia desain dan produksi kendaraan saat ini terutama sepeda motor, pengujian coefisien hambatan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh industri. Penelitian ini menggunakan open circuit wind tunnel  dimana prototype  yang diuji sepeda motor  scooter, trail, dan sport ditempatkankan dibagian  test section dengan dialiri variasi kecepatan 10 m/s, 12.5 m/s, dan 15 m/s. Hasil dari penelitian menunjukan coefisien drag dan lift dengan kecepatan 15m/s pada sepeda motor scooter dengan nilai 0.534 dan 0,586, sport 0.174 dan 0.485, dan trail 0.349 dan 0.449. Nilai coefisien drag dan lift yang tertinggi terjadi pada prototype scooter.

Keywords


coefficient drag;coefficient lift;sepeda motor;wind tunnel

Full Text:

PDF

References


Araki, Yuji, and Kazuhiro Gotou. 2001. “Development of Aerodynamic Characteristics for Motorcycles Using Scale Model Wind Tunnel.” In SAE Technical Papers, doi:10.4271/2001-01-1851.

Eftekhari, Hesam, Abdulkareem Sh Mahdi Al-Obaidi, and Shahrooz Eftekhari. 2020. “The Effect of Spoiler Shape and Setting Angle on Racing Cars Aerodynamic Performance.” Indonesian Journal of Science and Technology 5(1): 11–20. doi:10.17509/ijost.v5i1.22701.

Landell-mills, Nicholas. 2023. “Why Lift Quadruples If Aircraft Velocity Doubles. Why Lift Quadruples If Aircraft Velocity Doubles. Newtonian Mechanics Is Applied to Solve an Old Enigma. Mr. Nicholas Landell-Mills.” (August). doi:10.13140/RG.2.2.20536.70409.

Maxemow, Shane. 2013. “That’s a Drag: The Effects of Drag Forces.” Undergraduate Journal of Mathematical Modeling: One + Two 2(1): 1–16. doi:10.5038/2326-3652.2.1.4.

Priambada, Danang, and Aries Sulisetyono. 2012. “Analisis Desain Layar 3D Menggunakan.” Jurnal Teknik ITS 1: 372–77.

R. H. Barnard. 2001. Mechanical Aerodynamic Road Vehicle Aerodynamic Design. https://www.worldcat.org/title/road-vehicle-aerodynamic-design-an-introduction/oclc/1151180152.

Sedlak, Vojtech, Alessandro Talamelli, and Stefan Wallin. 2012. SAE Technical Papers Motorcycle Cornering Improvement: An Aerodynamical Approach Based on Flow Interference A Master Thesis in Fluid Mechanics. doi:10.4271/2012-01-1167.

Siahaan, Grace Dayanty, Denny Dermawan, and Catur Budi Waluyo. 2020. “Rancang Bangun Alat Ukur Gaya Pada Wind Tunnel Menggunakan Sensor Load Cell.” 2020: 90–96.

Ubertini, Stefano, and Umberto Desideri. 2002. “Aerodynamic Investigation of a Scooter in the University of Perugia Wind Tunnel Facility.” SAE Technical Papers (724). doi:10.4271/2002-01-0254.




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v20i2.11190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.