Teori Falsifikasi Karl Raimund Popper dan Kontribusinya Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa Usia Dasar

Rosmaida Harahap, Ahmad Tarmizi Hasibuan, Sangkot Sirait, Fitri Yuliawati, Namiroh Lubis

Abstract


Abstrak
Pendidikan Dasar Islam dalam pratik keseharian bermuara pada proses pembelajaran dengan tujuan merubah prilaku. upaya perubahan itu haruslah secara objektif dengan tahapan-tahapan proses yang efektif dan efesien selaras dengan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini dalam filsafat disebut dengan ilmu falsifikasi. Namun prinsip falsifikasi sendiri sangat bermanfaat bagi anak usia dasar untuk menelaah sumber-sumber pengetahuan yang dikemas dan dikembangkan ke permasalahan (to the problem) induksi dan demarkasi, sehingga anak usia dasar dapat membedakan dalam beragumen secara (ilmiah dan non ilmiah) dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPA. Artikel ini bertujuan untuk memberikan arti keilmiahan teori yang berdasarkan prinsip falsifikasi Karl Raimund Popper. Penilitian artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeksripsikan buku-buku terkait dengan studi library research. Adapun temuan penelitian ini sebagai berikut: Filsafat falsifikasi dicetuskan oleh Karl Raimund Popper yang memiliki teori diantaranya: 1) falsibility (disalahkan), 2) refutability (mampun disangkal), dan 3) testability (diuji). Sedangkan kontribusi Popper dalam pembelajaran IPA yaitu: 1) pemikiran rasional-kritis (rational-critical thinking), 2) mencari kebenaran secara langsung berdasarkan fakta (seek the truth directly based on fact), dan 3) membiasakan yang benar (accustom correct).

Keywords


Filsafat, Falsifikasi, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alnashr, M. Sofyan, 2018. Analisis Faktor Penghambat Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Al-Hikmah Kajen, Margoyoso, Pati) Jurnal Al Ibtida: Pendidikan Guru MI Vol 5 No 2.

Asfhani, 2017. Implementasi Konsep Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan Islam Perenialis Esensialis Kontekstual Falsifikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasyah, Jurnal Qalamuna Volume 10 No 2.

Arifin, Slamet, Muhamamad Nur Wangid, Ali Mustadi, Vera Yuli Erviana, 2014. Kesiapan Guru SD Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013, Jurnal Edukasia, Vol 2, No 2.

Anatri Desstya, 2014. Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol.1, Nomor 2.

Almas, Afiq Fikri. 2018. Sumbangan Paradigma Thomas S. Khun dalam Ilmu Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning Dan Discovery Learning), Jurnal At-Tarbawi, Volume 3 No 1.

Aziz, Icwhan Supandi. 2013. Karl Raimund Popper dan Auguste Comte (Suatu Tinjauan Tematik Problem Epistimologi dan Metodologi), Jurnal Filsafat, Volume 13 No 3.

Bagus, Lorens, 1996 Kamus Filsafat, Jakarta: Gramedia.

Bayu Purbha Sakti dan Wiwik Wijayanti, 2014. Implementasi Pembelajaran Tematik Pada SDN di Gugus III Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Diy, Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 Nomor 1.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: BSNP.

Budi Azhar, Mutiara, Herdinta Yudaristy, Irfanuddin, 2014. Persepsi Mahasiswa dan Dosen Tentang Ketercapaian Kompetensi Dasar dan Klinis Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Jurnal Kedokteran Vol 1 No 1.

Choimatun, Endang, 2013. Kedudukan Sejarah di Tengah-Tengah Ilmu Lain, Jurnal Tamaddun, Volume 3 No 1.

Dantes, Nyoman I, Nyoman Natajaya, 2015. Perancangan Model Transformasi Pendidikan Teknohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 4 No 1.

Fadhilaturrahmi, Rizki Ananda, 2018. Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD, Jurnal Basicedu, Vol 2 No 2.

Fuad, Koento Wibisono S. dan P. Hardono Hadi, 2015. Kebenaran Ilmiah Dalam Pemikiran Thomas S. Khun dan Karl Popper: Suatu Kajian Hermenuitika dan Kontribusinya bagi Masa depan Ilmu, Jurnal Filsafat, Volume 25 No 2.

Haryono, Dedi. 2014. Gagasan Uji Teori Empiris Melalui Falsifikasi (Analisis Pemikiran Karl Popper dalam Filsafat Ilmu), Jurnal Al-Ulum, Volume No 1 No 1.

Hadiwijono, Harun, 2003. Sari Sejarah Filsafat Barat 2, cet. ke-19, (Yogyakarta: Kanisius.

Harisantoso, John, 2012. Pengukuran Kinerja Dosen melalui EKD (Evaluasi Kinerja Dosen) STKIP PGRI Situbondo Berdasarkan Persepsi Mahasiswa, Jurnal Sainteks, Vol 9, No 2.

Indriani, Fitri. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI, Jurnal Fenomena, Volume 7 No 1.

Jatmika, Widiyanto M, Hamid Anwar dan Herka Maya. 2015. Uji Falsifikasi Relevansi Konsep dan Praktis Instrument TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia) Serta Penyusunan Model Tes Bagi Anak-Anak (6 - 9 Tahun), Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume, 11 No 2.

John Harisantoso, 2012. Pengukuran Kinerja Dosen melalui EKD (Evaluasi Kinerja Dosen) STKIP PGRI Situbondo Berdasarkan Persepsi Mahasiswa, Jurnal Sainteks, Vol 9, No 2.

Jorgensen, Jorgen. 1995. The Development of Logical empiricism, Chicago: University of Chicagi Press.

Karli, Hilda. 2015. Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 2, No 1.

Kristiantari, Mg Rini, 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 3, No 2.

Kristin, Firosalia, Mawardi, Naniek Sulistya Wardani, Agustina Tyas Asri Hardini, 2019. Model Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Kontekstual Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa SD, Jurnal Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 9, No 1.

Komaruddin, 2014. Falsifikasi Popper dan Kemungkinan Penerapannya dalam Keilmuwan Islam, Jurnal At-Taqaddum, Volume 6, No 2.

Kosim, Muhammad, 2007. “Madrasah di Indonesia Pertumbuhan dan Perkembangan” Jurnal Tadris Vol 2, No 1.

Louis O. Kattsoff, 2004. Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mawardi, Oktazella, Ayu Puspitawati, 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, Vol 3, No 2.

Mawardi, Sa’adah, Muti’atus, 2019. Peningkatan kebermaknaan dan hasil belajar siswa melalui desain pembelajaran tematik terpadu alternatif berbasis projek pada siswa kelas 5, Jurnal Jartika: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan, Vol 2, No 1.

Muhammad Muslih, 2005. Filsafat Ilmu: Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan, cet- Ke-2 Yogyakarta: Belukar.

Munif, Abdul, 2009. Reinventing Nilai-Nilai Islam Mengenai Peranan Guru dalam Pendidikan Karakter.

Mustadi, Ali, Novianto Anwar, 2015. Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar, Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Vol 45 No 1.

Nurhayati Suwakul dan Suwarjo, 2014. Pengelolaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol 2 No 1.

Nurul Hidayah, 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar, Jurnal Terampil: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 2 No 1.

Nyoman, I, Utari, Unga Degeng dan Sa,dun Akbar, 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol 1 No 1.

Prastowo, Andi Hasibuan, Ahmad Tarmizi. 2019. Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di SD/MI, Jurnal Magistra, Volume 10, No 1.

Puskur, 2006. Model Pembelajaran Tematik 2 Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembagan Departemen Pendidikan Nasional.

Popper, Karl, 1974. Unended Quest: An Intellectual Autobiography. London: Routledge.

Popper, R Karl, 1944. The Poverty of Historicism, New York: Routledge.

Popper, R Karl, 1965. Logic of Scientific Discovery. New York: Harper and Row, Harper Torchbooks.

Popper, R Karl, 1962. Conjectures and Refutations: The Growt of Scientific Knowledge. New York: Basic Books Publisher, New York dan London.

P. Rowbottom, Darrell. “Kuhn vs. Popper on Criticism and Dogmatism in Science:A Resolution at the Group Level”,Faculty of Philosophy, University of Oxford.

Rabiaty, Rahmi. Epistimologi Karl Raimond Popper dan Kontrubusinya dalam Studi-Studi Keislman.

R, Musyarofah. 2019. The Effectiveness of "Sekolah Alam" in SDIT Alam "Nurul Islam" Yogyakarta: A Case Study. Thesis. Yogyakarta: Graduate School, State University of Yogyakarta.

Rahmawati, Hasibuan Tarmizi Ahmad, 2019. Sekolah Ramah Anak di SD Muhamadiyah Berbah Yogyakarta, Jurnal Albidayah, Volume 11, No 1.

Raimund Popper, Karl, 2008. The Logic of Scientific Discovery (Logika Penemuan Ilmiah), terj. Saut Pasaribu & Aji Sastrowardoyo, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riananda, Luly Nurdyansyah, 2016. Devoloping ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology.

Sajidan, Afandi, 2017. Reinterpretasi Filsafat Sains Menurut Pandangan Karl Popper, Thomas Kunt dan Imre Lakatos, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).

Satiadi, Hari, 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 20, No. 2.

Setiawati, Farida, Agus Muhamad Ahyar Rasidi, 2015. Faktor-Faktor Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Tematik-Integratif di SD Kota Mataram, Jurnal Prima Edukasia Vol 3, Nomor 2.

Setiawan, Margono, Hasan Nongkeng, Armanu, Eka Afnan Troena, 2012. Pengaruh Pemberdayaan, Komitmen Organisasional terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Dosen (Persepsi Dosen Dipekerjakan PTS Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Makassar), Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 10, No 3.

Suwarjo, Nurhayati Suwakul, 2014. Pengelolaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol 2 No 1.

Setriani, Loli, 2017. Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2.

Subekti, Slamet, 2004. Filsafat Ilmu Karl R. Popper dan Thomas S. Kuhn serta Implikasinya dalam Pengajaran Ilmu, Jurnal Humanika, Volume 22 No 2.

Sadulloh, Uyoh, 2004. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widisuseno, Iriyanto. 2006. Teori Pertumbuhan dan Pengetahuan Ilmiah Karl Raimund Popper (Epistimologi Evolusioner) dan Penerapannya di Indonesia, Semarang: BP UNDIP.

Warni Endahing, Weni, Meirina Dian Mayasari, Dewi Mustami'ah, 2010. Hubungan antara Persepsi Mahasiswa terhadap Metode Pengajaran Dosen dengan Kecenderungan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya, Jurnal Insan Media, Vol 12, No 2.

Wandini, Rora Rizky, 2017. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik, Jurnal Nizhamiyah: Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, Vol VII, No 2.

Widyastono, Herry, 2012. “Muatan Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Widyanigrum, Retno, 2012. Model Pembelajaran Tematik di MI/SD, Jurnal Cendekia: Kependidikan dan Kemasyrakatan Vol 10, No 1.

Wijayanti, Wiwik, Sakti, Purbha, Bayu, 2014. Implementasi Pembelajaran Tematik Pada SDN di Gugus III Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Diy, Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 Nomor 1.

Zulaeha, Ida, 2017. Ahmad Syaifudin, Fathur Rokhman, Pengembangan Strategi Pembelajaran Tematik Integratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang Pendidikan Dasar, Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, Vol 2, No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v10i2.3106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman



INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar   Google Scholar Google Scholar Google Scholar  Google Scholar

Editorial Address:

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Visitor Jurnal Magistra