KARTU PINTAR BERBASIS VIDEO ANIMASI TIGA DIMENASI BERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA JAWA

Najmah Millenia Tsalis, Arif Widagdo

Abstract


Penggunaan kosakata Bahasa Jawa di SDN Petompon 01 Semarang belum optimal. Hal ini disebabkan anak kurang berlatih berbicara Bahasa Jawa dan juga penggunaan media pembelajaran yang masih minim. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran kartu pintar berbasis Video Animasi Tiga Dimensi dengan pengintegrasian kearifan lokal untuk menumbuhkan semangat dan meningkatkan penggunaan kosakata Bahasa Jawa di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis R&D (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata 61 dari hasil prestest dan nilai postest menunjukkan adanya kenaikan rata-rata nilai siswa sebesar 67,5333 dengan rincian kenaikan presentase 41% pada hasil pretest dan 44% pada serta terdapat 10 peserta didik yang tidak tuntas dan 6 peserta didik yang tuntas sehingga data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi tiga dimensi cukup layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa karena hasil yang didapatkan telah tercapai.


Keywords


Bahasa Jawa; Media Kartu Pintar; Animasi; Ragam Bahasa

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. 2017. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Assyauqi. 2022. Model Pengembangan Borg and Gall

Masjid, Akbar Alnugraheni, Salsabila. 2020. Peningkatan Keterampilan Unggah- UngguhRagam Krama Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas IV SD N Kleteran 3. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Maydiantoro, Albert. 2020. “Model Penelitian Pengembangan.” Chemistry Education Review (CER) 3(2):185

Mussadad Harahap, Lina Mayasari Siregar. Mengembangkan sumber dan media pembelajaran. Ronggowarsito. 2018. Buku Pinter Pepak Basa Jawa. Nusantara. Surakarta.

Siregar, Lina Mayasari, n.d.”MENGEMBANGKAN SUMBER DAN MEDIA.” 1 – 10. Sudjana. 2005. Metode Statstika. PT. Tarsito. Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif dan Rnd). Alfabeta.

Bandung.

Ulfiana, F., Himawati, U., & Rinjani, E. D. (2022). Kreativitas Guru Kelas Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iv A Sd Islam Al Madina. Jurnal Magistra, 13(1), 91–109. https://doi.org/10.31942/mgs

Uud ri No. 41. 2003. “Presiden Republik Indonesia.” Peraturan Pemerintah Reprublik Indonesi Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan (1): 1 – 5.

Wahyuni, Wahyuni Aryani, Rita. 2020. Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. 140 – 160.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v15i1.10883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar   Google Scholar Google Scholar Google Scholar  Google Scholar

Editorial Address:

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Visitor Jurnal Magistra