PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (STUDI KASUS ALUMNI SYUBBANUL WATHON (ASWA) YANG MELANJUTKAN KULIAH DI UNIVERSITAS WAHID HASYIM (UNWAHAS) SEMARANG)

ISA HIDAYATUS SIFYAN

Abstract


Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi diimplmentasikan oleh Shopee dengan membuat fitur seperti “kartu kredit” tanpa fisik yang disediakan didalamnya yang dinakaman Shopee PayLater untuk digunakan para konsumen dalam bertransaksi di Shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh adanya fitur PayLater terhadap perlaku konsumtif. Metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatf. Sampel penelitian ini adalah Alumni Syubbanul Wathon (ASWA) yang melanjutkan kuliah di Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisoner yang dibuat melalui Google Form yang disebarkan melalui Group WhatsApp dengan jumlah responden28orang.Pengolahan data menggunakan SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya fitur PayLater dari Shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif

 

Kata kunci : Marketplace, Fitur Shopee PayLater, Perilaku konsumtif.


Full Text:

20-25.PDF

References


Amri, A. D., Fattahillah, A. Al, Amanda, C.,

Putri, H. T. M., Adila, N., &

Alkautsar, P. S. (2023). Pengaruh

Penggunaan Paylater terhadap

Sikap Konsumtif Mahasiswa

Universitas Jambi dalam Perspektif

Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah

Universitas Batanghari Jambi,

(1), 227.

https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1

.3168

Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif

dalam Membeli Barang Pada Ibu

Rumah Tangga di Kota Samarinda.

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah

Psikologi, 1(2), 79–83.

https://doi.org/10.30872/psikoborn

eo.v1i2.3285

Julita, E., Idwal, ), Yustati, H., Ekonomi, F.,

Islam, B., Islam, U., Fatmawati, N.,

& Bengkulu, S. (2022). Konsumtif

Mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah

Ekonomi Islam, 8(03), 2953–2957.

http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.

Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022).

Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap

Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Universitas Mataram. Target :

Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1),

–50.

https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016

Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran

Penting Public Relations Di Era

Digital. Sadida: Islamic

Communications Media Studies,

(1), 179–202


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KNBESI Visitor Statistics