Main Article Content
Abstract
Cirebon, a city in West Java, Indonesia, is known for its various tourist attractions, including culinary and historical sites. However, finding the right accommodation can be a challenge. To address this issue, a study has analyzed 875 hotel reviews in Cirebon from Google Maps, using the Naive Bayes method and the TF-IDF algorithm. The aim of this study is to help tourists get a better picture in choosing a hotel. The results show that this algorithm successfully achieved an accuracy of 90.52% in identifying whether the review was positive or negative. Even without the use of the SMOTE operator, the accuracy remains high, at 75.66%. So, this study provides a data-based solution for choosing a hotel in Cirebon.
Keywords
Article Details
References
- Alhamdi, R. (2023) ‘Pengaruh Online Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Hotel Di Online Travel Agent (Studi Kasus Kota Batam)’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(2), pp. 63–70. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.63-70.
- Fathullah, N.S., Sari, Y.A. and Adikara, P.P. (2020) ‘Analisis Sentimen Terhadap Rating dan Ulasan Film dengan menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes dengan Fitur Lexicon-Based’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(2), pp. 590–593. Available at: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6987.
- Fikri, M.I., Sabrila, T.S. and Azhar, Y. (2020) ‘Perbandingan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine pada Analisis Sentimen Twitter’, Smatika Jurnal, 10(02), pp. 71–76. Available at: https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.455.
- Jap, V., Hartanto, J. and Wijaya, S. (2023) ‘Analisis Kepuasan Dan Ketidakpuasan Tamu Hotel Novotel: Pendekatan Text Mining Atas Ulasan Daring Pada Situs Web Tripadvisor’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(2), pp. 71–80. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.71-80.
- Pakpahan, D.T.U., Kusumah, A.H.. and Rosita, R. (2020) ‘Komparasi Persepsi Kepuasan Tamu Secara Lisan Dan Tertulis Ketika Menginap Di Hotel Bintang Empat’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(2), pp. 94–101. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.94-101.
- Saksana, A.C. and Thio, S. (2019) ‘Atribut-Atribut Yang Dinilai Penting Oleh Wisatawan Domestik Dan Wisatawan Cina Dalam Memilih Hotel Di Bali’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), pp. 9–17. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.9-17.
- Sulistiyono, M. et al. (2021) ‘Implementasi Algoritma Synthetic Minority Over-Sampling Technique untuk Menangani Ketidakseimbangan Kelas pada Dataset Klasifikasi’, Sistemasi, 10(2), p. 445. Available at: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1303.
- Syarli and Muin, A.A. (2016) ‘Metode Naive Bayes Untuk Prediksi Kelulusan’, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2(1), pp. 22–26. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/283828-metode-naive-bayes-untuk-prediksi-kelulu-139fcfea.pdf.
References
Alhamdi, R. (2023) ‘Pengaruh Online Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Hotel Di Online Travel Agent (Studi Kasus Kota Batam)’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(2), pp. 63–70. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.63-70.
Fathullah, N.S., Sari, Y.A. and Adikara, P.P. (2020) ‘Analisis Sentimen Terhadap Rating dan Ulasan Film dengan menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes dengan Fitur Lexicon-Based’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(2), pp. 590–593. Available at: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6987.
Fikri, M.I., Sabrila, T.S. and Azhar, Y. (2020) ‘Perbandingan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine pada Analisis Sentimen Twitter’, Smatika Jurnal, 10(02), pp. 71–76. Available at: https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.455.
Jap, V., Hartanto, J. and Wijaya, S. (2023) ‘Analisis Kepuasan Dan Ketidakpuasan Tamu Hotel Novotel: Pendekatan Text Mining Atas Ulasan Daring Pada Situs Web Tripadvisor’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(2), pp. 71–80. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.71-80.
Pakpahan, D.T.U., Kusumah, A.H.. and Rosita, R. (2020) ‘Komparasi Persepsi Kepuasan Tamu Secara Lisan Dan Tertulis Ketika Menginap Di Hotel Bintang Empat’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(2), pp. 94–101. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.94-101.
Saksana, A.C. and Thio, S. (2019) ‘Atribut-Atribut Yang Dinilai Penting Oleh Wisatawan Domestik Dan Wisatawan Cina Dalam Memilih Hotel Di Bali’, Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), pp. 9–17. Available at: https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.9-17.
Sulistiyono, M. et al. (2021) ‘Implementasi Algoritma Synthetic Minority Over-Sampling Technique untuk Menangani Ketidakseimbangan Kelas pada Dataset Klasifikasi’, Sistemasi, 10(2), p. 445. Available at: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1303.
Syarli and Muin, A.A. (2016) ‘Metode Naive Bayes Untuk Prediksi Kelulusan’, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2(1), pp. 22–26. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/283828-metode-naive-bayes-untuk-prediksi-kelulu-139fcfea.pdf.