Reaksi Pasar Modal terhadap Pengumuman Pelarangan Peredaran Obat Sirup

Saiful Bahri, M Fatchurrohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu reaksi pasar modal Indonesia terhadap peristiwa sebelum dan sesudah adanya pengumuman pelarangan peredaran obat sirup yang mengandung bahan etilen glikol di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan event study dengan menggunakan indikator abnormal return. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang di peroleh dari Bursa Efek Indonesia. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel diperoleh sebanyak 8 perusahaan anggota sub-sektor pharamaceuticals and healhcare research di BEI. Penelitian ini menggunakan analisis uji  Paired Sampel T-test dengan periode pengamatan selama 15 hari  yaitu 7 hari sebelum pengumuman (t-7) hari saat pengumuman (t-0) dan 7 hari sesudah pengumuman (t+7). Hasil penelitian membuktikan bahwa ini tidak  terdapat reaksi pasar  yang signifikan pada abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman pengumuman pelarangan peredaran obat sirup yang mengandung bahan etilen glikol di Indonesia yang buktikan dengan hasil uji buktikan dengan hasil uji nilai sig (2-tailed) sebesar 0,378 > dari 0,05, maka hipotesis H1 di tolak dan hipotesis H0 diterima. Hasil ini membuktikan bahwa pengumuman pelarangan peredaran obat sirup yang mengandung bahan etilen glikol di Indonesia tidak mengandung informasi dan pasar tidak bereaksi terhadap informasi tersebut.


Keywords


Reaksi Pasar Modal, Pelarangan Peredaran Obat, Etilen Glikol

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W. Jogiyanto.(2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit: CV Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta: Penerbit Andi, 22.

Agustiawan, K. E., & Sujana, E. (2020). Reaksi Pasar Modal Indonesia Sebelum dan Sesudah Pengumuman Kebijakan Pemerintah Tentang Status Darurat Bencana Covid-19. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(2), 293-302.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-dasar manajemen keuangan. Salemba Empat, Jakarta

Fadillah, R., Mansur, M., & Wahono, B. (2021). Perbandingan abnormal return saham sebelum dan sesudah perubahan waktu perdagangan selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(03).

Hartono, Jogiyanto. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi sepuluh. BPFE, Yogyakarta

Hikmah, N. N., Murni, S., & Tasik, H. H. (2018). Reaksi Investor di Pasar Modal Indonesia Terhadap Kebijakan registrasi Kartu Prabayar (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di BEI). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Rori, A., Mangantar, M., & Maramis, J. B. (2021). Reaksi Pasar Modal terhadap Pengumuman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Akibat Covid-19 pada Industri Telekomunikasi di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. CV Alfabeta, Bandung.

Sumiari, K. N., & Putri, W. T. I. (2020). Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Covid-19 di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(3), 232-236.

Tandelilin, Eduardus. (2001). Analisis Investasi dan anajemen Portofolio Edisi 1. BPFE, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/akses.v18i1.8593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google Scholar SINTA Crossref Base Garuda

 

 

 


Alamat kami di :

Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285692330665
Email: jurnalakses@unwahas.ac.id

 

 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 1907-4433

e-ISSN: 2613-9170

AKSES Visitor Statistics