Main Article Content

Abstract

Strategi merukana kunci utama dalam mendirikan sebuah usaha, strategi sendiri memiliki banyak cara sehingga dapat terlaksana dengan baik efektif dan efesien. Penelitian merupakan penelitian lapangan dengan sifat deskriptif mencari data-data pada pelaku usaha di Gading Rejo Pringsewu terkait upaya maupun strategi yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Dari hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan itu mencangkup strategi produk, harga, promosi, distribusi. Dalam menjalan semua strategi ini kepercayaan merupakan point penting pelaku usaha terhadap patner usaha, karena dengan adanya kepercayaan maka usaha dapat terus berjalan.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Kepercayaan pengusaha

Article Details

References

  1. Agus Hermawan. “Komunikasi Pemasaranâ€. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2012 Bambang S. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:LP3ES,1994
  2. Bashu Swasta dan Ibnu Sukaijo W, Pengantar Bisnis Modern, Cet;III. Yogyakarta: Liberty. 2001
  3. Bukhari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2012
  4. Cholid Narbs uko dan Abu Achmadi. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Askara, 2015
  5. Departemen Agama Republik Indonesia. “Al-Quran Dan Terjemahnya†Bandung: Diponegoro 2010
  6. Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. Metode Penelitian Pendekatan Praktek DalamPenelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2010
  7. Ebert dan Griffin, Pengantar Bisnis, Ed 10, Jakarta: Penerbit Erlangga 2014 Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Ed 4, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015 Faisal, Strategi Pemasaran, Bandung: Aksara 1992
  8. Iban Sofyan. Manajemen Strategi. Yogyakarta: 2015
  9. J. Winardi, “Enterpreneur & Enterpreneurship†Ed. 1 Jakarta: Prenada Media, 2003
  10. Kasmir, Jakfar, “Studi Kelayakan Bisnisâ€, Jakarta: Prenada Media, 2003 Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media, 2004
  11. Kasmir, Manajement Perbankan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
  12. M. Fuad Dkk, Pengantar Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama 2000
  13. M. Mursid, Manajemen Pemasaran, Cet 7, Jakarta : Bumi Aksara, 2014
  14. M.Fuad, et.al.,â€Pengantar Bisnis†Cet 1, PT.Gramedia Pustaka Utama 2010
  15. Paulus Lilik Kristianto,â€Psikologi Pemasaranâ€. Cet. 1 Yogyakarta: Caps, 2011
  16. Philip Kotler dan Kevin Lan Keller, “Manajemen Pemasaranâ€. Ed. 3 Jakarta: Penerbit Erlangga
  17. Saleh Sitompul, Dkk. Konsep Dasar Penerapan Ekonomi Menurut Prespektif Islam, Medan: CV. Sentosa Deli Mandiri, 2020
  18. Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2010
  19. Dwi Eka Putri, “Strategi Pemasaran Tahu Di Kota Surakartaâ€, Skripsi: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010
  20. Imron, Starategi Dan Usaha Peningkatan Kesejahteraan Hidup Nelayan Tanggulsari Mangunhardjo Tugu Semarang Dalam Menghadapi Perubahan Iklim, Riptek Vol.6, No.1, Tahun 2012,
  21. Lilis Wahidatul Fajriyah, “Stra tegi Pemasaran dalam Meninhkatkan PenjualanTahubaxo Ibu Pudji Ungaran Dalam Perspektif Ekonomi Islamâ€, Skripsi: Universitas IslamNegeri Walisongo Semarang 2018
  22. Marlina, “Strategi Pemasaran Islam Hasil Pembudidayaan Rumput Laut di KelurahanRampoang Kecamatan Bara Kota Palopoâ€. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, 2017
  23. Musdalifah, “Strategi Pemasaran Kripik/Tempe Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Usaha Sinar Murni Desa Hasanah Kecamatan Mapideceng Kabupaten Luwu Utaraâ€. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, 2018
  24. Rati Fitriani, “Strategi Pemasaran Bibit Cengkeh Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Malela Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo 2018
  25. Rohani, Siti. Analisis Potensi Umkm Tahu Dan Tempe Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada UMKM Bapak Marzuki di Desa Pekalongan). thesis, UIN Raden Intan Lampung. (2018)
  26. Wulandari “Analisis Pemasaran Tahu Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjoâ€, Skripsi: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2008
  27. Ziadah, â€Strategi Pemasaran Produksi Usaha Tahu dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus di Lingkungan Kekalik Gerisak, ( Skripsi, Fakultas Syari‟ah IAIN