Pengaruh Pengetahuan, Keamanan dan Risiko terhadap Minat Penggunaan E-Money Ovo dalam Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
Hadirnya teknologi aplikasi e-money dapat mempermudah perekonomian kehidupan di masyarakat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahi bahwa apakah pengetahuan, keamanan dan risiko berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money OVO di indonesia. Populasi yang digunakan yaitu masyarakat yang menggunakan aplikasi OVO. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna aplikasi OVO dan jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 96 responden yang dihitung menggunakan rumus rao purba. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVO, Keamanan secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVO, Risiko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVO sedangkan pengetahuan, keamanan, dan risiko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money OVO.
Kata kunci: pengetahuan, keamanan, risiko dan minat penggunaan
Full Text:
PDFReferences
Afolo, S. C. M., & Dewi, N. N. S. R. T. (2022). Minat Mahasiswa Akuntansi UNTRIM Sebagai Pengguna E-Wallet Dengan Mempertimbangkan Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kepercayaan. Jurnal Krisna, 13(2), 267–277.
Aji, H. M., Berakon, I., & Riza, A. F. (2020). The effects of subjective norm and knowledge about riba on intention to use e-money in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 12(6), 1180–1196. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2019-0203
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Hikmat, A. N., & Masruri, A. (2020). Verifikasi Informasi dan Ancaman Penyebar Hoaks Menurut QS Al-Hujurat & An-Nur. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1, 18–19.
Hiyanti, H., Nugroho, L., Sukmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2020). Peluang dan Tantangan Fintech (Financial Technology) Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), 326–333. https://doi.org/10.29040/jiei.v5i3.578
Novalianti, T., & Saad, B. (2019). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengguna E - Payment ( Studi Empiris Terhadap Pengguna Gopay Dan OVO Di DKI Jakarta Dan Depok ). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 5, 54–63.
Nurdin, N., Azizah, W. N., & Rusli, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan , Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology ( Fintech ) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Palu. Jurnal Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2).
Octaviana, P., & Yusuf, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan E-Money Ovo Di Karawang (Studi Pada Pengguna Ovo Di Karawang). Jurnal Manajemen, 15(1), 12–20.
Rif’ah, S. (2019). Fenomena Cashless Society Di Era Milenial Dalam Perspektif Islam. Journal of Sharia Economics, 2, 5–10.
Siregar, S. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian.
DOI: http://dx.doi.org/10.31942/akses.v18i2.10124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Alamat kami di :
Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim
ISSN: 1907-4433
e-ISSN: 2613-9170
AKSES Visitor Statistics