PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH PPKN GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENULIS GURU MGMP PPKN SMA KOTA SURABAYA

Akhmad Qomaru Zaman, Irnawati Irnawati, I Wayan Arsana, Pandu Rudy Widyatama, Putresa Eka Irmandini

Abstract


Guru adalah salah satu profesi di bidang pendidikan yang akan selalu ada sepanjang masa. Guru tidak hanya mengabdikan dirinya dalam mendidik saja, tetapi juga dituntut untuk mempunyai banyak kompetensi salah satunya yakni kompetensi menulis. Kompetensi menulis merupakan kompetensi yang dimiliki seseorang dengan cara mengungkapkan suatu gagasan yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Namun dari kemampuan yang harus dimiliki ini, tidak semua guru bisa menulis karena masih kurangnya pemahaman yang dimiliki terkait penulisan ilmiah. Perlunya pembinaan secara terpadu melalui pelatihan karya tulis ilmiah guna meningkatkan pemahaman menulis terutama guru MGMP PPKn SMA Kota Surabaya. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi para guru agar bisa belajar menulis karya ilmiah dengan baik melalui pembinaan terstruktur oleh pengajar yang ahli dibidangnya. Metode pelaksanaan dari kegiatan pelatihan ini, antara lain persiapan, pelatihan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya respons positif dari para guru yang ditunjukkan dengan rasa antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir sekaligus upaya meningkatkan pemahaman adalah dengan pemberian tugas berupa menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan bagi beberapa tulisan yang layak. Berdasar analisis SWOT yang telah dilakukan bahwa kegiatan ini berperan dalam menstimulasi para guru untuk berkarya, tetapi adanya langkah pembinaan secara perlahan dan terarah karena tidak semua guru sepenuhnya bisa menulis.

Kata kunci: guru PPKn, karya tulis ilmiah, kota Surabaya, menulis, pelatihan.



Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31942/abd.v8i2.10016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.