MELIBATKAN SISWA DALAM KONTEN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB FISIKA DI SMU: PERSPEKTIF SOCIAL LEARNING THEORY (SLT) DAN TASK TECHNOLOGY FIT (TTF)

Hera Susanti, Paulus Insap Santosa, Rudy Hartanto

Abstract


Fiska merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa SMA. Pembelajaran fisika berbasis web merupakan salah satu media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran bagi siswa agar materi belajar dapat diperoleh siswa kapan saja dan dimana saja. Namun untuk menarik perhatian/atensi siswa dan mengingat materi yang telah dipelajari memerlukan proses yang rumit. Dengan membiarkan siswa terlibat dalam konten pembelajaran fisika berbasis web, maka siswa akan dapat memahami tentang apa yang mereka inginkan dalam konten pembelajaran fisika berbasis web sehingga materi yang telah dipelajari dapat diendapkan dalam memori (retensi), sehingga diharapkan mampu meningkatkan performa belajar siswa. Metodelogi yang diusulkan menyarankan berbagai kemungkinan baru untuk kerjasama yang kreatif dalam lingkungan pembelajaran fisika berbasis web untuk pendidikan yang lebih baik. Social Learning Theory (SLT) digunakan untuk mengevaluasi kecukupan pengembangan konten pembelajaran fisika berbasis web pada kebutuhan kognitif siswa. Proses pembelajaran berdasarkan SLT yang terdiri dari atensi dan retensi memiliki pengaruh terhadap konstrak Task Technology Fit (TTF), yaitu utilisasi pembelajaran fisika berbasis web, dan utilisasi memiliki pengaruh yang positif terhadap performa siswa. Hasil penelitian metode campuran ini akan berguna dalam menilai efek web based learning fisika pada kognitif siswa dan hasil afektif dalam pengaturan pendidikan.

Kata kunci: melibatkan siswa, teori pembelajaran sosial, kesesuaian tugas-teknologi, pembelajaran fisika berbasis web


Full Text:

E26.154-159.PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.